Berita Nasional Terpercaya

Kemenag RI Ajak Seluruh Umat Beragama Rukun Dalam Menyambut Pemilu 2024

0

JEMBER, BERNAS.ID – Kementerian Agama RI (Kemenag) melalui Kantor Kemenag Kabupaten Jember menyerukan agar seluruh umat beragama di Kabupaten Jember menjaga kerukunan, khususnya menyambut pemilu 2024.

Dalam rangka Hari Amal Bakti Kementrian Agama ke 78 diadakan apel bersama di Alun-Alun Jember dengan melibatkan pegawai Kemenag Jember, Rabu (3/1/2024).

Bupati Jember Hendy Siswanto, pada saat memberikan amanat, membacakan sambutan tertulis Menteri Agama RI, H Yaqut Cholil Quomas.

Baca Juga : Gelar Media Gathering, KPU DIY Sampaikan Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu 2024

Menag mendorong seluruh pegawai kementeriannya untuk menjaga kondusifitas menjelang pemilu. Kemenag akan mengawal Pemilu 2024 dari potensi penggunaan politik identitas, terutama identitas keagamaan.

Usai apel Kepala kantor Kemenag RI Kabupaten Jember Akhmad Srudji Baktiar mengatakan, ada berbagai kegiatan dalam rangka Hari Amal Bakti Kemenag.

“Ada bakti sosial, pemberian santunan kepada anak yatim dan duafa di 31 kua se kabupaten jember. Kedua, membersihkan 277 masjid 2 gereja dan 1 vihara. Kegiatan lain, donor darah dan juga khitanan massal serta lainnya, yang jumlahnya sekitar 100 kegiatan,” ucap Akhmad kepada awak media.

Menjelang pemilu 2024, kepada seluruh umat beragama, Akhmad Srudji menyerukan, “Kita sudah merasakan panasnya suhu politik maka kita sebagai umat beragama tetaplah menjaga kebersamaan, menghormati perbedaan, sehingga kedamaian akan tercipta.”

Senada dengannya, Bupati Hendy juga menyerukan agar warga masyarakat Jember menjaga kondusifitas menjelang pemilu.

“Menjelang pemilu ini mari kita berdoa bersama-sama, kita tingkatkan kerukunan umat beragama dan tentunya kondusifitas kita jaga bersama,” ucap Hendy Siswanto usai apel.

Baca Juga : Inflasi Kabupaten Jember di Akhir Tahun 2023 Rendah, Kado Istimewa HUT Ke 95

Hendy menegaskan bahwa Indonesia ini ada karena adanya perbedaan yang menyatu di dalam kebhinekaan tunggal ika.

“Kerukunan umat beragama sangat penting, hari amal bakti ini sangat penting karena bukan hanya untuk satu Agama tetapi untuk semua agama,” tutur Hendy.

Ia juga mengingatkan, sesuai pesan Mentri Agama, ASN di Kemenag RI harus netral dalam pemilu 2024. (sgt)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.