Berita Nasional Terpercaya

Kombinasi Skincare yang Harus Dihindari Agar Kulit Tetap Sehat

0

BERNAS.ID – Kecantikan kulit menjadi fokus utama bagi banyak individu, dan meraih hasil memuaskan dari perawatan kulit membutuhkan pemilihan produk yang tepat. Meski demikian, tidak semua produk skincare dapat digunakan secara bersamaan, karena beberapa kombinasi skincare dapat menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan pada kulit.

Oleh karena itu, penting untuk menghindari kombinasi skincare tertentu agar kulit tetap sehat dan terhindar dari potensi masalah kulit.

Vitamin C dan Retinol

Kombinasi Vitamin C dan Retinol mungkin terdengar menarik untuk memaksimalkan efek anti-aging, namun keduanya memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Penggunaan bersamaan dapat menyebabkan iritasi dan kehilangan efektivitas.

AHA/BHA dan Retinol

Asam hidroksi alfa (AHA) atau beta (BHA) bersamaan dengan retinol dapat meningkatkan risiko iritasi kulit, kemerahan, dan mengurangi manfaat masing-masing bahan.

Baca Juga :Kymm Skin, Brand Kuda Hitam Dunia Skincare Indonesia

Niacinamide dan Vitamin C

Meskipun keduanya sangat baik untuk kulit, penggunaan bersamaan dari niacinamide dan vitamin C dapat menghasilkan senyawa yang kurang efektif. Oleh karena itu, lebih baik memisahkan penggunaannya dalam rutinitas perawatan kulit.

Benzoyl Peroxide dan Retinol

Kombinasi ini dapat meningkatkan tingkat iritasi dan keringat pada kulit. Sebaiknya gunakan pada waktu yang berbeda untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

Peptida dan Vitamin C

Peptida dan vitamin C memiliki kecenderungan untuk saling mengurangi efektivitas satu sama lain jika digunakan bersamaan. Disarankan untuk memisahkan aplikasinya.

Benzoyl Peroxide dan Vitamin C

Penggunaan bersamaan dapat mengurangi efektivitas keduanya, sehingga sebaiknya gunakan pada waktu yang berbeda dalam rutinitas perawatan kulit harian.

Baca Juga :Skincare Tips: Rekomendasi Serum Terbaik Untuk Kulit Berminyak

Asam Salisilat dan Vitamin C

Kombinasi ini dapat meningkatkan tingkat iritasi dan mengurangi manfaatnya. Gunakan pada waktu yang berbeda atau pilih produk yang mengandung kedua bahan tersebut dengan formula yang dirancang untuk saling melengkapi.

Merawat kulit dengan skincare yang tepat memerlukan pemahaman mengenai kandungan produk dan cara penggunaannya. Meskipun beberapa kombinasi skincare sebaiknya dihindari, perlu diingat bahwa setiap kulit berbeda.

Konsultasikan dengan ahli dermatologi untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Dengan perhatian yang cermat, Anda dapat menciptakan rutinitas perawatan kulit yang memberikan hasil optimal. (rka)

Leave A Reply

Your email address will not be published.