Berita Nasional Terpercaya

7 Ruas Jalan Inpres DIY Permudah Akses Wisata untuk Maksimalkan Pertumbuhan Ekonomi

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mendampingi Presiden RI Joko Widodo meresmikan 7 ruas Jalan Inpres Daerah di DIY yang rampung dibangun pada tahun 2023 lalu. Peresmian ditandai dengan membunyikan sirine dan penandatanganan prasasti di Jalan Wonosari – Mulo, Karangrejek, Gunungkidul, Senin (30/1/2024).

Baca Juga Timnas Lolos Piala Asia, Presiden Jokowi Main Bola Bareng Anak-Anak Sleman

Diketahui, Jalan Wonosari-Mulo merupakan salah satu dari 7 Jalan Inpres Daerah selain Jalan Semanu – Karangmojo di Gunungkidul, Jalan Prambanan – Gayamharjo dan Jalan Gejayan – Manukan di Sleman, Jalan Patuk – Terong dan Jalan Imogiri – Dodogan di Bantul, serta Jalan Brosot – Toyan di Kulon Progo. 7 ruas jalan ini rata-rata menjadi askes menuju tempat wisata.

Presiden Joko Widodo mengapresiasi ruas jalan yang dibangun saat ini memiliki kualitas yang lebih baik. Meski mengeluarkan anggaran yang lebih mahal, ia berharap jalan tersebut dapat memberikan manfaat dalam jangka panjang.

“Melalui inpres ini, kita akan menangani jalan jalan non nasional yang rusak. Dan saya harap jalan ini sudah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan mobilitas dan mendorong pemerataan pertumbuhan ekonomi daerah,” tutur Presiden Jokowi.

Pada tahun 2023, Pemerintah telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp14,6 triliun untuk Inpres Jalan Daerah. Anggaran tersebut dibagi ke beberapa provinsi di tanah air untuk melaksanakan pembangunan jalan. Pada pembangunan jalan di DIY, menelan anggaran Rp162 miliar, dengan panjang total jalan 23 km.

Sementara pada proyek baru pembuatan Jembatan Pandansimo sepanjang 677 meter di Bantul yang saat ini sedang berproses, direncanakan akan menelan anggaran Rp814 miliar.

“Setelah minggu lalu, saya resmikan jalan jalan daerah di Jawa Tengah, kali ini kita akan meresmikan jalan di provinsi DIY yang ditangani melalui Inpres jalan daerah, menyangkut 7 ruas jalan dan 1 jembatan dengan total dana 162 m. Kita tidak hanya membangun infrastruktur jalan tol dan memperbaiki jalan jalan nasional, tapi juga mempercepat peningkatan konektivitas jalan daerah mengacu pada inpres No. 3 tahun 2023,” jelas Presiden Jokowi.

Rien Marlia selaku Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah menjelaskan, ruas jalan yang dibangun di Kabupaten Gunungkidul sebanyak 2 ruas jalan, yakni Jalan Wonosari – Mulo dan Jalan Semanu – Karangmojo, memiliki panjang 10,4 kilometer dengan biaya Rp51,8 miliar.

“Total 7 ruas jalan Inpres yang diresmikan Presiden Jokowi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki panjang 23 kilometer dengan nilai biaya Rp162 miliar,” terang Rien.

Baca Juga Kejari Sleman Dan BPKP DIY Sepakat Ada Pidana Di Kasus Dugaan Korupsi Dana Hibah Pariwisata

Rien juga menjelaskan, ke depan jalan-jalan tersebut akan dihibahkan asetnya ke Pemerintah Daerah. Aset konstruksinya juga dapat terus terjaga sampai dengan umur perencanaannya.

Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyar (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin, juga Bupati Gunungkidul Sunaryanta beserta Wakilnya Heri Susanto.

Sebelum Presiden RI tersebut sampai di lokasi peresmian jalan di Gunungkidul tersebut, terlihat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terlebih dahulu meninjau proyek pengerjaan jalan yang sudah rampung tersebut. Keduanya memastikan proyek pengerjaan jalan tersebut rampung sesuai dengan yang telah direncanakan, ditandai dengan mengukur lebar jalan secara simbolis. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.