Berita Nasional Terpercaya

Kesehatan Mental Terjaga, Karir Jaminan Meningkat Pesat

0

BERNAS.ID – Setiap orang tentu menginginkan capaian hidup yang paling baik, menginginkan hasil terbaik yang bisa dicapai untuk kebanggaan atau kepuasan dirinya.

Banyak orang mengharapkan semua ini dicapai dengan cepat dan mudah, namun ternyata tidak banyak orang yang paham dan mengerti bahwa mencapai sesuatu tujuan tentu melewati banyak hal dan ujian yang berulang.

Kita semua menginginkan karir dan bisnis meningkat karena salah satu tujuan hidup kita adalah ekonomi, setiap orang berlomba kesana, melalui kolaborasi dan bahkan kompetisi yang sangat ketat.

Kompetisi ketat inilah yang seringkali menimbulkan ketegangan, konflik dan stres yang menyebabkan banyak orang justru mengalami hambatan besar untuk melanjutkan langkahnya menuju pada impian yang sudah dicanangkan.

Banyak orang tidak siap menghadapi kompetisi yang panjang dan ketat sehingga banyak yang akhirnya kehilangan arah karena ketidaksiapan menghadapi kompetisi dan tekanan saat ini.

Baca Juga : Saat Ini Layanan Kesehatan Mental Banyak Diperlukan Masyarakat

Sobat, inilah yang menarik untuk kita diskusikan, inilah yang menjadi tantangan saat ini. Inilah kenyataan yang ada saat ini bahwa dunia saat ini sedang tidak baik-baik saja, banyak orang justru tertinggal karena mereka “kurang siap bersaing”. Banyak orang terlihat kurang siap menghadapi proses yang terjadi sebelum mencapai tujuan.

Kesimpulan awal ini berarti, banyak orang menjadi stres karena keadaan. Mental mereka mulai terganggu karena begitu banyaknya hal yang tidak diduga, mungkin sebelum tahun 2020 kita masih mudah menentukan langkah, memprediksi sesuatu dengan mudah dan menyiapkan banyak alternatif jika satu jalan kurang maksimal digunakan.

Mungkin dulu kita pun merasa mudah melakukan apapun, mendapatkan apapun dan bahkan karena “koneksi” kita menjadi mudah mencapai tujuan yang kita harapkan dan hal itu kita bawa terus menerus sampai saat ini dan bahkan kita terlalu “berharap belas kasihan orang lain” untuk mencapai apa yang kita inginkan.

STOP……!!!

Mari kita berhenti sejenak dan menyadari bahwa saat ini “Dunia sudah jauh berubah”. Dunia menjadi sangat berbeda saat ini dan tentunya efek atas perbedaan ini menjadi sangat signifikan.

Hal yang paling terlihat dalam perubahan ini adalah :

• Banyak hal tidak terduga yang terjadi
• Banyak kesempatan yang tertutup karena situasi yang tidak menentu
• Banyak SDM atau manusia yang berlomba untuk hal yang lebih sedikit untuk diperebutkan

Dampak besar ini akan menjadikan setiap kita memerlukan lebih banyak effort lagi untuk mencapai sesuatu. Tidak ada lagi perbedaan orang pintar dan kurang pintar, beruntung atau buntung.

Namun semua orang berada dalam situasi siaga penuh untuk menunjukan kemampuan dan kualitas diri terbaiknya untuk menemukan atau mendatangi kesempatan yang ada, sehingga sukses dapat diraih, setiap orang “dipaksa” berjuang” untuk mencapai keberhasilannya.

Disinilah diperlukan mental tersebut. Setiap orang membutuhkan manajemen kesehatan mental yang baik dan tepat sehingga mereka mampu terus bersaing, bertindak dan mengantisipasi setiap hal yang terjadi dalam kehidupan mereka, sedikit saja lengah maka tujuan yang ingin dicapai akan ikut sirna.

Kita semua membutuhkan Karir yang baik dalam bekerja, bisnis yang optimal dalam meningkatkan perekonomian kita dan semua itu perlu diperjuangkan.

Orang yang mampu terus berjuang adalah mereka yang siap secara mental, sehat secara mental karena mental yang sehat ini akan membawa mereka mampu bersaing dan menampilkan potensi terbesar yang dimiliki.

Baca Juga : 4 Cara Menjaga Kesehatan Mental dalam Gaya Hidup yang Sibuk

Orang yang sehat secara mental dapat menunjukan kualitas dan kapasitas dirinya lebih baik dari yang lain dan hal inilah yang menjadikan mereka Produktif dan mampu terus menunjukan kinerja terbaik mereka, sehingga karir mereka akan terus meningkat seiring kepercayaan yang semakin besar diberikan oleh orang lain disekitarnya.

Melalui tulisan ini, saya juga ingin sedikit berbagi pengalaman praktis saya selama 20 tahun berkiprah dalam dunia kerja, menghandle puluhan ribu karyawan dari segala level jabatan.

Pengalaman inilah yang menjadikan saya terus bertumbuh dan memahami bagaimana menjaga Kesehatan Mental untuk terus menjadikan saya bisa bersaing dengan siapapun secara positif dan tepat.

Adapun bebarapa hal sederhana yang saya lakukan adalah :

• Selalu tersenyum setiap menghadapi masalah, baik masalah secara vertikal maupun horizontal
• Selalu berpikir positif dengan apa yang yang saya alami, walaupun pada saat itu situasi memang tidak menguntungkan di pihak saya
• Selalu berusaha menjadi inisiator dalam setiap perubahan karena hal inilah yang menjadikan pikiran kita selalu terbuka dan kreatif untuk memecahkan setiap masalah yang terjadi
• Menjadi bagian dalam tim kerja karena kolaborasi menjadi faktor pendukung kesehatan mental kita. Anda tidak akan bisa menjadi apapun jika anda tidak menjadi ahli dalam kolaboratif bersama orang lain untuk mencapai tujuan bersama
• Tetaplah memilih hal baik walaupun pilihan terkadang sangat suli atau bahkan nyaris tanpa pilihan apapun karena kita selalu harus memilih untuk menentukan masa depan kita

Cara sederhana ini begitu sulit ketika awal saya ingin mencobanya, seringkali malah membuat saya menjadi marah, cemas dan bingung harus bagaimana memulainya.

Namun kita perlu mengatakan pada diri kita “Berjalanlah” karena Tuhan pun menginginkan kita terus berjalan dan berproses karena kita akan sampai pada tujuan yang kita harapkan, mungkin banyak orang yang mulai merasa capek, jenuh dan menyerah.

Namun saya membuktikan waktu itu dengan 5 langkah sederhana ini saya mampu sampai pada puncak karir saya dan justru mampu menginspirasi orang lain untuk terus meningkatkan karir mereka.

Berhentilah mengeluh guys………
Lakukan yang bisa anda lakukan juga menjadi salah satu kunci untuk anda terus bergerak, bahkan saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan seseorang dengan Multi Competency karena orang yang seperti inilah yang mampu bertahan pada proses yang ada.

Kita tidak hanya bisa belajar satu hal atau ilmu saja namun kita memiliki peluang belajar pada ilmu lain yang juga berguna nantinya. Mindset inilah yang menjadi pondasi kita untuk terus belajar memperoleh lebih banyak amunisi untuk kita mencapai karir yang cemerlang.

Semua itu hanya bisa didapatkan optimal jika kita telah memastikan kita bisa menjaga mental kita tetap sehat dalam dunia yang sedang sakit saat ini.

Lalu mungkin anda akan bertanya “Apa hubungan Mental Health ini dengan Karir yang terus meroket?”. Jawabannya pun sederhana :

• Jika Kesehatan Mental kita terjaga, maka energi positif kita akan selalu terjaga dan kita lebih berkembang dalam memikirkan langkah strategis untuk tujuan bersama
• Jika energi positif kita mengalir, maka kepercayaan dan semangat akan kita rasakan sehingga melakukan langkah apapun akan menjadi semakin tenang, cermat, tepat dan Percaya Diri.
• Jika kita melakukan segala tugas dan tanggungjawab dengan tepat dan cermat maka kepercayaan akan terus meluas kita rasakan dari semua orang yang menerima manfaat dari apa yang sudah kita lakukan
• Jika kepercayaan meningkat atas hasil kerja kita, maka kita akan mendapat kesempatan untuk menerima lebih banyak hal tugas dan tanggung jawab yang lebih besar karena hal kecil sudah kita bereskan dengan baik.

Keberhasilan kita sangat ditentukan kesehatan mental kita, sama seperti bangunan rumah tidak akan pernah robh walaupun banyak badai atau angin atau bencana alam lain terjadikarena pondasi berdirinya kuat, demikian juga keberhasilan dan karir kita sangat ditentukan oleh bagaimana kita merancang dan membuat pondasi awal karakter dan mental kita yang kuat sehingga badai proses hidup kita bisa lewati untuk semua hal yang baik bagi kita.

Maka saya mengajak sobat semuanya untuk berinvestasi lebih untuk pembentukan pondasi kehidupan ini sehingga anda menjadi semakin optimal dalam mencapai tujuan karir anda kedepannya. Investas tidak hanya berupa nilai tapi bisa berupa kreativitas, perjuangan, manfaat atau kolaborasi yang saling bermanfaat untuk semua orang.

Kesehatan mental ini penting sekali bagi setiap kita karena kesehatan mental ini menjadikan kita kuat dan siap mengambil setiap kesempatan. Maka siapkan diri anda, siapkan mental anda, pertahankan fokus anda dan lakukan semua dengan tepat dan cermat maka karir anda akan segera melesat hebat.

Salam SDM Kompeten,

(Penulis: Fajar Riadi Dwi Sasongko, S.Psi, CPHRM |Human Resources Management Specialist)

Leave A Reply

Your email address will not be published.