Berita Nasional Terpercaya

Bupati Jember Jadi Irup Pemberangkatan Satgas Pamtas RI-PNG Mobile Yonif 509/BY

0

JEMBER, BERNAS.ID – Bupati Jember jadi Irup (Inspektur Upacara) Pemberangkatan Satgas Pamtas RI-PNG Mobile Yonif 509/Balawara Yudha Tahun 2024.

Upacara Pemberangkatan Satgas Pamtas RI-PNG 2024 berlangsung di lapangan Mayonif 509/Balawara Yudha.

Prajurit Yonif 509/Balawara Yudha adalah kesatria pilihan yang gagah berani di medan pertempuran, yang markas kesatuannya ada di wilayah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, kita bersyukur kepada Allah Subhanallahwata’allah masih bisa berdiri sampai hari ini.

Baca Juga : Satgas Pamtas Yonif 412 Kostrad Bersama Warga Lanny Jaya Bersihkan Saluran Air

“Kita ketahui bahwa negara kita, Indonesia, terletak di jalur internasional, yang berbatasan langsung dengan berbagai negara. Oleh karena itu pengamanan negara Indonesia harus berada dalam satu kesatuan, ekpoleksobudhamkan. Perlu keterpaduan antar instansi terkait, termasuk TNI. Pengamanan perbatasan RI – PNG didukung oleh 1 batalyon 509,” ucap Hendy Siswanto, Kamis (15/2/2024).

Hendy menyampaikan, bahwa 450 prajurit akan berada di tempat tugas selama 366 hari di distrik Sugapa wilayah Intan Jaya. Papua.

“Jadikan kesempatan ini sebagai suatu motivasi dan kebanggaan dalam tugas,” katanya dari atas mimbar.

“Saya berpesan, jaga kesehatan dan kebugaran, tak kalah penting, jaga sikap prilaku dalam bersosialisasi dengan warga setempat,” nasihatnya.

“Saya apresiasi kepada seluruh prajurit. Selamat bertugas, semoga tugas ini dapat dikerjakan sebaik-baiknya. Semoga bimbingan Tuhan Yang Maha Esa melindungi kita,” tutup bupati.

Saat sesi door stop, usai Bupati Jember jadi Irup pemberangkatan Satgas Pamtas RI-PNG 2024, mengaku senang dan bangga.

“Saya senang, ini pengalaman pertama saya dengan pak wabup. Saya jadi irup pak wabup yang berdoa,” ucap bupati kepada awak media.

Doa terasa bermakna karena Wabup Jember adalah juga seorang Kyai Haji yang lebih suka disapa Gus, Gus Firjaun.

Sementara, usai upacara Komandan Satgas yang juga Danyonif 509/BY Mayor Inf Dian D Setyadi menyampaikan, bahwa pasukannya akan bertugas di Distrik Sugapa wilayah Intan Jaya.

“Kami sudah berlatih, sudah dibekali peralatan yang cukup sehingga kami siap berangkat. Kami ucapkan Terima kasih kepada semuanya, semoga kami pulang nanti utuh tidak kurang satu apapun,” ucap Mayor Inf Dian.

Pasukan Yonif 509/BY akan menggantikan pasukan dari Yonif 330/ Divisi 1 Kostrad. (sgt)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.