Berita Nasional Terpercaya

Gerakan Pramuka Dukung Pengembangan Wisata Sleman

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Perkemahan Bakti Saka (Pertika) Pariwisata Cabang Sleman yang ke-3 resmi dibuka oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo di Bumi Perkemahan Garongan, Turi, Senin (19/2/2024). Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan tanda peserta.

Baca Juga Lurah Candibinangun Ditetapkan Tersangka Terkait Tanah Kas Desa

Bupati selaku Kakak Ketua Majelis Pembimbing Cabang Sleman berharap kegiatan Pertika memberikan dampak riil, yakni menumbuhkan semangat kepedulian Pramuka untuk berperan mendukung pemerintah dalam pelestarian serta pengembangan sektor pariwisata

“Saya berharap anggota Saka Pariwisata mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya kaum muda untuk peduli pada potensi wilayah, mejaga kelestarian alam dan kreatif mengelola menjadi modal yang dapat dipublikasikan sebagai potensi pariwisata,” tutur Kustini.

Lebih lanjut, ia berpesan kepada peserta Pertika Saka Pariwisata untuk menggaungkan semangat kepramukaan dalam menghidupkan budaya sadar wisata di seluruh wilayah termasuk di Sleman.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid dalam laporannya menyampaikan Pertika Saka Pariwisata ke-3 tahun 2024 menjadi wadah pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pandega yang tergabung dalam Saka Pariwisata Sleman, anggota Pramuka dari pangkalan di Kwarcab Sleman, serta anggota Saka Pariwisata dari Kwarcab undangan untuk mempererat tali persaudaraan.

“Melalui Pertika ini diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan sesama anggota Pramuka dengan aktivitas inovatif, kreatif, edukatif, rekreatif, dan produktif dalam bentuk perkemahan bakti. Tujuan nya tentu mengembangkan pengetahuan dan membina ketrampilan kesakaan khususnya kepariwisataan yang edukatif untuk menjalin harmoni dengan lingkungan alam dan sosial sekitarnya,” jelas Zayid.

Baca Juga Lurah Aktif Caturtunggal Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

Pertika Saka Pariwisata dilaksanakan mulai tanggal 19 Februari hingga 22 Februari di Desa Wisata Garongan dengan mengusung tema “Back to Tourism Village” dengan jumlah peserta 300 peserta dan 60 sangga kerja dari 19 pangkalan SMA dan SMK di Kwartir Cabang Sleman dan 8 kontingen Saka Pariwisata mitra dari luar Kwartir Cabang Sleman yakni Gunungkidul, Magelang, Semarang, Surakarta, Trenggalek dan Purbalingga. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.