Berita Nasional Terpercaya

Begini Peranan Perusahaan Logistik dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Perusahaan logistik telah menjadi tulang punggung yang mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia secara signifikan. Dalam era globalisasi dan perdagangan internasional yang semakin kompleks, peran perusahaan logistik menjadi semakin penting dalam memastikan kelancaran arus barang dan jasa di seluruh negeri.

Mulai dari pengangkutan barang hingga manajemen rantai pasok, perusahaan logistik tidak hanya menyediakan layanan penting untuk bisnis lokal, tetapi juga memainkan peran strategis dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan. Salah satu peran utama perusahaan logistik adalah menyediakan infrastruktur dan layanan transportasi yang efisien.

Indonesia, dengan geografinya yang terdiri dari ribuan pulau, membutuhkan sistem transportasi yang handal untuk menghubungkan berbagai wilayah di dalam negeri. Perusahaan logistik bekerja keras untuk memastikan bahwa barang-barang dapat dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain dengan cepat dan efisien, baik melalui darat, laut, maupun udara.

Dengan menyediakan layanan transportasi yang andal, perusahaan logistik membantu memfasilitasi perdagangan antar-pulau dan antar-negara, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan aktivitas perdagangan.

Baca Juga : Wabup Sleman Lepas Distribusi Logistik Pemilu

Selain itu, perusahaan logistik juga berperan dalam manajemen rantai pasok yang efektif. Dengan menyediakan layanan seperti penyimpanan, pengelolaan inventaris, dan distribusi barang, perusahaan logistik membantu produsen dan pengecer untuk mengoptimalkan operasi mereka.

Manajemen rantai pasok yang baik memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi waktu tunggu, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan produktivitas dan profitabilitas.

Dengan demikian, perusahaan logistik tidak hanya menjadi penggerak utama dalam mempercepat aliran barang, tetapi juga dalam meningkatkan daya saing bisnis Indonesia di pasar global.

Tidak hanya itu, perusahaan logistik juga berperan penting dalam memfasilitasi ekspor dan impor. Dalam sebuah negara dengan ekonomi yang terbuka seperti Indonesia, perdagangan internasional memainkan peran kunci dalam pertumbuhan ekonomi.

Perusahaan logistik membantu memudahkan proses ekspor dan impor dengan menyediakan layanan seperti konsolidasi kargo, pemrosesan dokumen, dan pemenuhan kepatuhan perdagangan internasional.

Dengan melakukan hal ini, perusahaan logistik membantu pengusaha Indonesia untuk menjembatani kesenjangan infrastruktur dan memanfaatkan peluang pasar global, yang pada akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara.

Karena itu, kehadiran PT Serasi Autoraya (SERA) sebagai perusahaan transportasi dan logistik terpercaya perlu diberi apresiasi yang bagus dalam upayanya yang terus berinovasi, guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan menghasilkan dampak positif bagi masyarakat.

PT. Serasi Autoraya (SERA), selaku anak perusahaan PT Astra International Tbk yang saat ini telah dikenal luas sebagai salah satu perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia juga terus melakukan inovasi untuk terus memberikan solusi yang maksimal kepada pelanggan, berikut informasi lengkapnya :

1. Solusi Dalam Bidang Penyewaan Kendaraan

SERA yang merupakan salah satu perusahaan transportasi terbesar di Indonesia kini menawarkan solusi transportasi yang berintegrasi dengan TRAC. Melalui lini bisnisnya ini, SERA menawarkan solusi terbaik bagi para pelanggannya dalam bidang transportasi dengan memberikan jasa penyewaan kendaraan untuk korporasi maupun perorangan.

Baca Juga : Ninja Xpress Mulai Bidik Segmen E-Shopaholics

Melalui TRAC, tersedia pula layanan sewa kendaraan yang akan memudahkan para pelanggannya yang ingin menyewa mobil untuk mobilitas mereka. Selain itu, tersedia pula fasilitas pelayanan pengemudi yang akan bekerja secara profesional dan berkualitas sehingga memungkinkan Anda untuk menikmati perjalanan yang aman dan nyaman.

2. Solusi Jasa Logistik end to end service

Selain bisnis solusi transportasi dan penjualan kendaraan bekas, SERA, di bawah brand SELOG, hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda.

Contract Logistics

Melalui jasa contract logistics, saat ini SERA juga telah mengelola jasa untuk ekspor dan impor kendaraan roda empat dan alat berat berikut komponen-komponennya.

Shipping Services

Untuk pengiriman kargo di dalam negeri, SERA juga memiliki jasa pengiriman dan distribusi dengan moda transportasi laut.

Freight Forwarding

Untuk alat berat atau kargo lainnya, SERA menyediakan jasa pengiriman dengan berbagai jenis moda pengangkutan untuk wilayah dalam negeri dengan jaminan keamanan (safety), tepat waktu (on time) dan zero defect.

Warehouse and Yard Management

Untuk kebutuhan supply chain, SERA menawarkan jasa pengelolaan dan penyimpanan barang. SERA memiliki Warehouse Management System (WMS) yang memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai. Tidak hanya itu, WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang hingga tingkat persedian yang rendah secara real time.

3. Solusi Dalam Lelang Kendaraan

Sebagai satu perusahaan transportasi besar di Indonesia, SERA juga membuka kesempatan bagi Anda yang ingin membeli kendaraan dengan cara lelang. Berintegrasi dengan IBID-Balai Lelang Serasi, yang merupakan balai lelang yang akan memberikan solusi terbaik bagi Anda yang ingin membeli kendaraan roda empat serta berbagai macam produk otomotif lainnya melalui proses pelelangan.

4. Solusi Transportasi Secara Komprehensif Dengan Astra Fms

Melalui Astra FMS, SERA memberikan solusi transportasi yang menyeluruh dengan berbasis pada penggunaan teknologi dan informasi yang canggih. Pengelolaan proses transportasi akan semakin efektif, efisien, dan aman.

AstraFMS telah teruji secara efektif dalam berbagai lini bisnis yang dijalankan SERA, yang mana di dalamnya terdapat fitur-fitur yang membuat para pelanggan mudah dalam mengelola transportasi, memantau kendaraan secara real time, meminimalkan waktu downtime, menganalisa kinerja pengemudi, serta membuat biaya operasional kendaraan lebih efisien. (***)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.