Berita Nasional Terpercaya

UIN SATU Tulungagung Miliki Pojok Statistik, Rektor: Permudah Akses Informasi Statistik bagi Sivitas Akademika dan Publik

0

TULUNGAGUNG, BERNAS.ID – Pojok Statistik resmi diluncurkan di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Jawa Timur pada Selasa (27/2/2024).

Bertempat di Aula Gedung KH Arief Mustaqiem, launching dilakukan langsung oleh Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I., Kepala BPS Tulungagung, pengurus BPS Jawa Timur, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SATU Tulungagung, Ketua AFEBIS, dan Pengurus IAIE Jawa Timur.

Pojok Statistik adalah kolaborasi antara BPS dengan UIN SATU Tulungagung dan institusi pendidikan tinggi lain yang berfungsi sebagai platform untuk memberikan layanan dan mempromosikan informasi statistik di lingkungan akademik.

Baca Juga : Fishum UIN SUKA Gelar Kursus Singkat Promosikan Islam Indonesia ke Global

UIN SATU merupakan PTKIN kedua yang telah bekerja sama dengan pihak BPS untuk merealisasikan Pojok Statistik, dengan maksud meningkatkan pemahaman terhadap data statistik melalui penyediaan layanan dan promosi yang efektif, khususnya bagi para akademisi.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengatakan, bahwa statistik memiliki peran yang sangat penting. Bahkan, tanpa disadari masyarakat sudah mampu menerapkan ilmu statistik secara sederhana dalam kehidupannya.

“Statistik dan filsafat itu merupakan ilmu yang sangat penting karena dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan. Oleh karena itu, terdapat lembaga/badan resmi tersendiri yang sudah lama berdiri untuk memanajemen data statistik di Indonesia, yaitu BPS (Badan Pusat Statistik),” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, bahwa seiring perkembangan teknologi, survei untuk mendapatkan data statistik dapat dilakukan menggunakan banyak media, salah satunya adalah media sosial yang saat ini digemari oleh hampir seluruh lapisan masyarakat.

Pojok Statistik terletak di Lantai 2 Gedung KH Syaifuddin Zuhri dengan fasilitas yang sudah cukup memadai, di antaranya adalah ruangan yang cukup luas dilengkapi dengan AC, karpet, 2 buah PC yang sudah terkoneksi dengan internet, dan beberapa meja.

Pojok Statistik ini bukan hanya dapat dimanfaatkan oleh Mahasiswa FEBI, tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh seluruh mahasiswa dan juga sivitas akademika UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, bahkan masyarakat umum.

Baca Juga : Dewan Guru Besar UMY Desak Presiden Jalankan Kewajiban Konstitusional

Pojok Statistik memiliki tujuan untuk meningkatkan literasi statistika mahasiswa beserta sivitas akademika melalui layanan yang diberikan, seperti konsultasi statistik, edukasi statistik, promosi statistik, dan sebagainya.

“Harapan saya, adanya Pojok Statistik dapat menjadi kontribusi bagi kampus terlebih lagi pada wilayah Jawa Timur dan terkhusus di Kabupaten Tulungagung. Jadi, Pojok Statistik ini tidak hanya dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk mencari data guna menunjang skripsi, tapi juga bermanfaat bagi masyarakat luas,” ujar Guru Besar bidang Teknologi Pembelajaran ini.

Setelah launching, acara dilanjutkan dengan perjanjian kerja sama (MoU) antara UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan BPS Tulungagung, dan Studium General Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SATU Tulungagung dengan tema “Statistik dan Dinamika Ekonomi Fluktuatif untuk Pengambilan Kebijakan yang Komprehensif”. (***)

Leave A Reply

Your email address will not be published.