Berita Nasional Terpercaya

Penghargaan GI BEI Tahun 2024: Komitmen Pasar Modal Membangun Masa Depan

0

JAKARTA, BERNAS.ID – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali menggelar Penghargaan Galeri Investasi (GI) BEI pada tahun 2024 sebagai bagian dari komitmen meningkatkan literasi para generasi muda akan keuangan, khususnya pasar modal Indonesia.

Mengusung tema “Karena Urusan Masa Depan, Harus Terdepan”, penghargaan diberikan kepada GI BEI yang nominasinya dipilih dari 43 GI BEI dari seluruh Indonesia.

Penyerahan Penghargaan GI BEI Tahun 2024 diselenggarakan secara langsung di Main Hall BEI dan dapat disaksikan pula melalui kanal YouTube Indonesia Stock Exchange pada Rabu (6/3/2024).

Baca Juga : Kisah Inspiratif Generasi Penerus: Suksesnya Pengusaha Muda Mendirikan Studio Foto Terbesar di Klaten

Direktur Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko BEI Sunandar dalam laporannya mengatakan bahwa acara ini menegaskan komitmen dalam memajukan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

“Penghargaan ini merupakan langkah apresiasi atas upaya nyata GI BEI dalam mempersiapkan masyarakat Indonesia untuk menghadapi tantangan keuangan di masa depan,” ujar Sunandar.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Departemen Pengawas Lembaga Efek, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ona Retnesti Swaminingrum yang sekaligus membuka jalannya kegiatan Penghargaan GI BEI 2024.

Selain itu, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK Horas Tarihoran juga turut menghadiri serta menyampaikan sambutan.

Terdapat 8 Kategori Penghargaan GI BEI Tahun 2024 yang penilaiannya dilakukan berdasarkan aktivitas GI BEI selama 1 tahun, dari 1 Januari hingga 31 Desember 2023.

Seperti penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, terdapat 3 Kategori Utama di dalam Penghargaan GI BEI 2024.

Baca Juga : Desain Pajak yang Efektif untuk Meningkatkan Profitabilitas Bisnis

Kategori Utama pertama, yaitu GI BEI Teraktif dengan Kategori Aktivitas Edukasi dan Pemerataan Informasi yang dimenangkan secara berurutan oleh GI BEI UIN Raden Fatah Palembang yang berhasil menyelenggarakan 806 kegiatan, GI BEI Politeknik Negeri Sriwijaya dengan 610 kegiatan, dan GI BEI Universitas Negeri Padang dengan 484 kegiatan.

Kategori Utama kedua adalah GI BEI Teraktif dengan Kategori Penambahan Jumlah Rekening Efek yang dimenangkan secara berurutan oleh GI BEI Politeknik Negeri Ujung Pandang yang mencapai penambahan investor baru dalam setahun sebanyak 764 single investor identification (SID), diikuti oleh GI BEI Universitas Sam Ratulangi dengan 763 SID, dan GI BEI Universitas Nasional dengan 613 SID.

Kemudian Kategori Utama ketiga, yaitu GI BEI Teraktif dengan Kategori Nilai Transaksi, dimenangkan oleh GI BEI Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti (Rp3,02 triliun), GI BEI Politeknik Bisnis dan Pasar Modal (Rp2,14 triliun), serta GI BEI Universitas Dian Nusantara (Rp80,46 miliar).

Selain 3 Kategori Utama, pada Penghargaan GI BEI Tahun 2024 terdapat 2 penambahan kategori baru. Kategori baru pertama adalah GI Edukasi BEI Teraktif yang dimenangkan oleh SMA Negeri 2 Palangka Raya, SMA Negeri 3 Palangka Raya, SMK Karsa Mulya Palangka Raya, SMA Negeri 5 Palu, SMA Katolik Xaverius Padang, SMA Trinitas Bandung, SMA Global Islamic Boarding School Banjarmasin, SMA Negeri 3 Selong, SMA Negeri 4 Pangkalpinang, serta SMA Negeri 1 Pangkalan Bun.

Kategori baru kedua adalah GI BEI Syariah Teraktif yang dimenangkan oleh GI BEI UIN Sultan Hasanuddin. (*/cdr)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.