Berita Nasional Terpercaya

TPST Piyungan Ditutup Permanen Bulan Depan, Ini Yang Disiapkan Pemkot Jogja

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo menyampaikan, TPST Piyungan Bantul Yogyakarta bakal ditutup permanen mulai bulan April 2024. Pihaknya sudah menyiapkan skenario untuk menghadapinya.

“Tanggalnya [ditutup] berapa, tunggu pernyataan Pemda DIY,” kata Singgih, Jumat, 8 Maret 2024.

Baca juga: TPST Piyungan Ditutup Sampai 5 September, Begini Kata Pj Wali Kota Jogja

Ia menambahkan, sampai hari ini TPS Piyungan masih bisa menampung 135 ton per hari. Dan bila nanti Piyungan permanen ditutup, pihaknya siap menaikkan kapasitas tampung di beberapa TPST di Kota Jogja. Untuk TPST Nitikan, yang biasanya mengolah sampah 5-10 ton per hari, akan ditingkatkan menjadi 30-40 ton sampah per hari.

“Akan kita tata kembali sehingga daya tampungnya meningkat, dan itu akan diolah, sehingga zero residue,” katanya.

Baca juga: TPST Piyungan Ditutup, Sampah Di Kota Jogja Membludak

Untuk TPST Karangmiri, menurut dia bakal dibangun jembatan agar akses ke TPST Karangmiri bisa dilewati kendaraan pengangkut sampah yang besar. Dengan demikian, kalau biasanya hanya menampung 5-10 ton per hari, bisa meningkat menjadi 20-25 ton per hari.

“Di TPST Kranon juga akan kita bangun untuk modul pengolahan RDF (Refuse Derived Fuel) dan composting. Semoga bisa menyelesaikan sampah perkotaan. Kalau diperlukan penambahan volume sampah [yang masuk], kita bisa atur [tambah] jam operasionalnya,” pungkas Singgih. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.