Berita Nasional Terpercaya

Kompetisi Robotik Wujud Indonesia Emas

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Visi Indonesia Emas 2045 dapat tercapai, salah satunya melalui keterampilan dari generasi muda. Dengan munculnya era Society 5.0 maka semakin berkembang pesat pula pengetahuan di bidang teknologi, informasi, dan digitalisasi.

Baca Juga Sri Sultan Terima 120 Manuskrip Jawa Kuno Digital Dari Inggris

Menanggapi hal tersebut Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengadakan kompetisi robotik nasional bernama Robotech #12. Kompetisi yang menjadi bagian dari rangkaian acara Electrical Shockwave 2024 digelar hari Sabtu (9/3) dan menjadi ajang untuk meningkatkan kapasitas dan kreativitas peserta di bidang teknologi, terutama robotik.

Teknologi yang telah menjadi salah satu pilar pembangunan bangsa di masa depan semakin membutuhkan calon ahli teknologi yang berkompeten, maka kompetisi Robotech #12 dapat berperan sebagai wahana untuk mengaplikasikan pengetahuan ke dalam keterampilan robotik. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Anggun Nastiti Pramushinta, S.Si., M.Ec.Dev. yang hadir dalam upacara pembukaan Robotech #12 mewakili Bupati Bantul sekaligus sebagai Analis Kebijakan Ahli Muda dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul.

“Pembuatan robot yang berbasis Internet of Things dan Artificial Intelligence telah jamak dilakukan oleh masyarakat dunia untuk mempermudah hidup manusia. Saya harap melalui kompetisi robot yang digelar oleh prodi Teknik Elektro UMY ini dapat terjadi evaluasi dan transfer keilmuan antar peserta, sehingga dapat semakin membumikan teknologi robot di Indonesia,” tutur Anggun.

Digelar di Sportorium UMY, Robotech #12 terdiri dari dua kategori lomba yaitu kategori Line Followers dan Sumo. Dengan diikuti oleh sekitar 57 tim peserta dari seluruh Indonesia, baik di tingkat SMP, SMA dan mahasiswa. Anggun juga menambahkan bahwa generasi muda harus terus meningkatkan kemampuan dalam bidang yang relevan dengan perkembangan zaman melalui berbagai prestasi, sebagai kunci kesuksesan masa depan bangsa.

Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE) UMY sebagai penyelenggara dari Robotech #12 dan seluruh rangkaian agenda Electrical Shockwave ditujukan agar dapat mengembangkan kemampuan peserta untuk menciptakan teknologi robot sederhana namun tetap inovatif. Hadir setiap tahun dalam rangka merayakan Milad Program Studi Teknik Elektro UMY, Electrical Shockwave berperan sebagai wadah untuk menuangkan ide dan kreativitas dalam mewujudkan perkembangan Indonesia Emas 2045.

Baca Juga Telusuri Kekayaan Historis Dan Budaya Kepulauan Selayar, Muhibah Budaya Jalur Rempah Digelar

Ir. Kharisma Trinanda Putra, S.ST., M.T., Ph.D. selaku Ketua Program Studi Teknik Elektro UMY menyampaikan bahwa melalui kompetisi ini para peserta memiliki kesempatan untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas terkait peluang yang dimiliki jika mendalami dunia teknologi robot. Menurutnya, studi terkait teknologi dan robotik memiliki lingkup yang sangat luas di level internasional.

“Alasan utama mengapa kami dari prodi Teknik Elektro UMY mengadakan kompetisi robotik berskala nasional adalah karena ingin lebih mengenalkan ke masyarakat luas terkait apa saja yang dapat dipelajari dalam teknologi, khususnya melalui program Teknik Elektro. Apa saja yang diajarkan, dan peluang yang dapat diraih seperti internasionalisasi, terutama jika ingin melanjutkan studi. Saya rasa mahasiswa dapat lebih mempelajari pemahaman terkait teknologi dengan lebih komprehensif melalui sudut pandang internasional yang lebih luas,” pungkas Kharisma. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.