Berita Nasional Terpercaya

UMY Gandeng MAC Beri Pendampingan Wirausaha Jamaah Muhammadiyah

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Tim pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), berkolaborasi dengan Muhammadiyah Agribisnis Center (MAC) melaksanakan pelatihan dan pendampingan bagi pelaku usaha kecil dampingan Majelis Ekonomi PCM Gamping dalam hal penguatan karakter berwirausaha dan inovasi produk.

Kegiatan ini dilaksanakan di Balai MAC yang berlokasi di Banyuraden Gamping Sleman pada Minggu (10/3/2024).

Program pengabdian yang dikoordinir oleh Dr. Agus Tri Basuki, dengan anggota Prof Imamudin Yuliadi, Prof Heru Kurnianto, Rita Kusumawati, dan Ahmad Maruf bertujuan untuk membekali kemampuan human capital khususnya aspek inovasi dan mental berwirausaha pada 40 peserta yang telah merintis usaha skala mikro dan kecil.

Baca Juga : Milad UMY Refleksikan Pentingnya Pendidikan Dalam Membangun Peradaban

“Harapannya, dengan pelatihan dan dilanjutkan pendampingan kolaborasi antara UMY dengan MEK PCM Gamping akan mendorong produktivitas usaha jamaah yang secara langsung akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan warga,” ujar Tri Basuki selaku koordinator program disela penutupan acara, sekaligus secara simbolis penyerahan hibah alat pelatihan untuk MAC sebagai Pusdiklat Wirausaha Muhammadiyah.

Proses pelatihan cukup dinamis dan antusias meski dilakukan sehari penuh. Tim pemateri selain menyampaikan materi juga dilakukan diskusi tindaklanjut.

Baca Juga : KADIN Targetkan 1000 UMKM Bergabung di Tahun 2024

Beberapa peserta berharap ada tindaklanjut berupa pendampingan lapangan pada tiap peserta.

Selain itu ada harapan memfasilitasi akses permodalan dan terbangun jejaring antar pelaku usaha yang dikoordinir oleh MEK PCM Gamping.

Perwakilan warga jamaah MAC, Raharja Mulya dari Krajan Ngemplak Sleman mengakui, pelatihan wirausaha dan inovasi bisnis yang mereka terima sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan berwirausaha. Jamaah MAC diajak untuk berkreasi menciptakan produk yang memiliki aspek bisnis.

“Kami sangat bersyukur dapat menjadi bagian dari inisiatif ini. Kegiatan pelatihan ini akan membawa perubahan bagi teman-teman jamah MAC,” tutur Raharja pada sesi penutupan acara. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.