Berita Nasional Terpercaya

Kick Off SERAMBl 2024 Digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dalam rangka menyambut Butan Ramadan dan HBKN Idul Fitri 2024, Bank Indonesia memastikan ketersediaan uang rupiah layak edar melalui Program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024 dengan tagline “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah”.

Kick Off SERAMBl 2024 Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY (KPw BI DIY) dilaksanakan secara pada Rabu, 20 Maret 2024. Acara dihadiri oleh Kepala Perwakilan BI DIY, Puluhan perwakilan Bank Umum, serta perwakilan BPR se-DlY.

Kepala Perwakilan BI DIY Ibrahim menyampaikan bahwa ini adalah program rutin tahunan yang digelar di berbagai kantor cabang Bank Indonesia. Ini adalah bentuk kesiapan BI menyiapkan uang untuk Ramadan dan Idul Fitri 2024.

Ia menjelaskan, secara nasional, Bank Indonesia pada tahun 2024 menyiapkan uang tunai senilai Rp197,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai layak edar, naik 4,65 persen dari tahun 2023. Di DIY, pihaknya menyiapkan Rp5,5 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang layak edar masyarakat di wilayah DIY selama periode Ramadan sampai Idul Fitri 2024.

“Meningkat 5,8 persen dibanding tahun lalu,” ujarnya.

Baca juga: BI DIY Optimis Inflasi Akan Terus Sesuai Target

Guna memperluas jangkauan layanan uang Rupiah kepada masyarakat, KPw BI DIY juga bekerjasama dengan perbankan DIY dengan membuka layanan penukaran melalui loket perbankan dan juga membuka layanan kas keliling bersama yang tersebar di berbagai titik.

Baca juga: Ini Strategi Antisipasi Tekanan Inflasi Akhir Tahun DIY

Ibrahim juga mengajak masyarakat untuk cinta bangga paham (CBP) rupiah. Masyarakat diajak senantiasa mengenali ciri-ciri keaslian rupiah dan merawat uang rupiah sebagai bentuk cinta rupiah, menjaga rupiah yang merupakan simbol kedaulatan negara sebagai bentuk bangga rupiah, dan mengenal fungsi rupiah dalam konteks mendorong aktivitas perekonomian sebagai bentuk paham rupiah.

“Dilihat diraba dan diterawang,” ujarnya tentang cara mengenali keaslian rupiah.

BI juga mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai di antaranya QRIS, memperluas kepersertaan BI-FAST termasuk kanal layanan dan akseptasi masyarakat, serta mendorong Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) untuk mempersiapkan infrastruktur guna menghadapi peningkatan transaksi di bulan Ramadan dan Idul Fitri 2024.

Lebih lanjut, kegiatan Kick Off SERAMBI 2024 diikuti dengan seremoni penandatanganan komitmen antara KPw BI DIY dengan seluruh perbankan yang hadir untuk mengakomodir CBP rupiah menjelang Idul Fitri 2024.

Diharapkan dengan adanya SERAMBI 2024, dapat semakin mengoptimalkan pengelolaan uang rupiah menjelang hari raya melalui ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya dengan layanan kas prima. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.