Berita Nasional Terpercaya

Mengenal Game Under The Waves, Sajikan Pengalaman Eksplorasi Laut Dalam

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Quantic Dream adalah salah satu Perusahaan pengembang video game yang berasal dari Prancis. Studio ini sering membuat para gamers excited untuk menantikan game-game menarik yang diproduksi olehnya.

Bernas.id sudah mencoba game Under The Waves yang rilis pada Agustus tahun lalu dalam acara IFI Gamers: Under The Waves, Selasa, 26 Maret 2024 di Mediatek IFI Yogyakarta.

Game Under The Waves sendiri sebetulnya adalah game indie yang diterbitkan oleh Parallel Studio. Dengan cerita mengenai petualangan di bawah laut, kita bisa mengeksplorasi laut dalam dan memutuskan sendiri petualangan kita. Bagusnya storyteller dalam game ini barangkali menjadi alasan terbesar Quantic Dream mendukung Parallel Studio dalam menerbitkan game ini.

“Game ini buatan developer dari Perancis, berbahasa Perancis tapi ada teks Inggris,” kata Puspanegara selaku Ketua GameLan (Komunitas Game Developer Jogja) dalam acara tersebut.

Baca juga: Inilah Video Game Favorit Para Bintang Porno

Dalam game ini, ada karakter utama bernama Stanley, seorang diver profesional yang bekerja di perusahaan kilang minyak bernama UniTrench. UniTrench sendiri adalah perusahaan yang memiliki posisi sebagai antagonis utama dalam game. Bisa dibilang seperti itu karena UniTrench mengambil jalan pintas dalam menambang minyak.

Kecurangan perusahaan UniTrench lah yang menjadi penyebab adanya pencemaran lingkungan di bawah laut. Cerita dari game ini menarik karena memuat isu lingkungan dan politik juga di dalamnya. Namun, justru plot terkuatnya adalah cerita tentang keluarga dan siklus kehidupannya itu sendiri.

Sebelumnya Stanley memiliki anak, tetapi anaknya tersebut meninggal. Hal itu membuat Stanley sangat terpukul dan sering delusional. Pengalaman delusional tersebut sering menghantui Stanley lewat mimpi. Bahkan, sulit membedakan apakah kejadian-kejadian delusional itu nyata atau tidak sebenarnya.

Menariknya, justru dari mimpi-mimpi tersebutlah kita dapat mengetahui latar belakang sistem dalam game ini bisa ada di bawah laut. Cerita-cerita tersebut membuat pemain bisa lebih mendalami karakter game, bukan sekadar bermain semata. Game ini mengajak pemainnya peduli dengan isu-isu lingkungan maupun rasa kehilangan seseorang.

Baca juga: Konten Game Yang Masuk Ke Indonesia Terus Dipantau

Dalam game ini, pemain dapat menentukan sendiri tindakan dan percakapan yang ingin dipilih. Keputusan-keputusan berbeda yang bisa kamu ambil harusnya bisa membuat alur permainan pun berbeda.

Namun sayang tidak banyak pilihan mengenai percakapan yang bisa dilakukan dengan karakter lain. Padahal jika kita melihat game lain yang memiliki cara bermain yang mirip, biasanya memiliki banyak pilihan percakapan dan berbagai pilihan alur cerita.

Pesan Untuk Menjaga Lingkungan

Setiap kali Stanley (karakter utama) menggunakan material seperti tabung oksigen atau alat menyelam lainnya, ia bisa mengumpulkan kembali sampah plastik dari penggunaan tabung tersebut. Bahkan, saat ia berhasil mengumpulkan sampah-sampah yang diambil dari laut, ia bisa mendapatkan achievement dari hal itu.
Meskipun begitu, developer tidak memaksa pemain untuk wajib memungut sampah-sampah tersebut, karena di game ini pemain bisa memutuskan sendiri tindakan. Artinya, developer tidak punya agenda khusus dan memaksa para pemainnya untuk menjaga lingkungan. Tentu saja ini menjadi menarik untuk melatih kepedulian pemain pada lingkungan melalui game.

Eksplorasi Pengalaman Menyelami Laut Dalam

Dunia bawah laut di dalam game ini memang dibuat gelap demi mendukung cerita dari game itu sendiri. Lokasi bermain pun cukup dalam di bawah laut.
Sayangnya, intensitas makhluk bawah lautnya masih terlalu minim. Masih banyak ruang-ruang kosong yang bisa diisi. Namun, yang keren dari dunia bawah laut dalam game ini adalah visual dari makhluk lautnya itu sendiri. Stanley bahkan bisa menyelam dan berenang di sebelah makhluk-makhluk laut tersebut seperti penyu, paus biru, dan lain-lain.

Hal itu membuat pemain bisa merasakan sensasi pengalaman menyelam dan berenang bersama makhluk-makhluk bawah laut yang menyenangkan. Jadi, kalau kamu takut kedalaman atau tidak punya waktu untuk menyelam, bisa banget main game ini supaya mendapatkan pengalaman tersebut. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.