Berita Nasional Terpercaya

Gubernur DIY Sampaikan Pertanggungjawaban Tahun 2023

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan, persentase realisasi belanja DIY tahun 2023 adalah sebesar 94,87 persen. Jumlah ini meningkat bila dibandingkan dengan realisasi belanja tahun sebelumnya yang sebesar 92,74%.

“Peningkatan persentase realisasi belanja ini diharapkan memberikan peningkatan terhadap pelaksanaan program dan kegiatan yang dilaksanakan, baik urusan wajib, urusan pilihan maupun penunjang urusan,” ujar Sultan dalam Rapat Paripurna Pertanggung Jawaban Gubernur DIY Tahun 2023 di DPRD DIY, Kamis 28 Maret 2024.

Baca juga: Pembangunan DIY Memerlukan Analisis Kondisi Dan Proyeksi Keuangan Agar Tepat Sasaran

Ia menyampaikan juga, capaian pembangunan DIY pada tahun 2023 tidak dapat dilepaskan dari capaian yang telah dihasilkan dari perencanaan periode sebelumnya. Ia bersyukur, dalam situasi perekonomian perekonomian dewasa ini yang fluktuatif dan penuh ketidakpastian, menurutnya DIY masih menunjukkan kinerja yang baik pada beberapa indikator makro ekonomi.

“Kita juga takut bersyukur bahwa pemulihan ekonomi pasca-pandemi juga mulai menunjukkan perbaikan,” ujarnya.

Baca juga: Inilah 3 Dinas Penerima APBD Kota Jogja Terbesar Di 2024

Salah satunya menurut Sultan ditunjukkan dengan Realisasi Pendapatan Daerah tahun 2023 yang sebesar Rp. 5,8 triliun, mencapai 99,75% dari target yang telah ditetapkan. Realisasi Pendapatan Daerah tahun 2023 ini meningkat bila dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya, dengan peningkatan sebesar Rp. 309,4 miliar.

Capaian Realisasi Pendapatan Daerah tersebut menurutnya dikontribusikan dari capaian Pendapatan Asli Daerah atau PAD tahun 2023 sebesar Rp. 2.368.708.585.703 yang mencapai 100% dari target rencana pendapatan yang telah ditetapkan. Capaian PAD tahun 2023 ini meningkat sebesar Rp.100,3 miliar dari tahun sebelumnya.

“Hal ini dikarenakan pendapatan dari pajak retribusi daerah dan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, serta lain-lain PAD yang sah dapat melebihi target yang ditetapkan,” imbuh dia. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.