Berita Nasional Terpercaya

Inflasi Bulan Maret Jember 0,63 Persen, Berikut Ini Komoditi Langganan Penyumbang

0

JEMBER, BERNAS.ID – Angka inflasi bulan Maret Jember, bertepatan dengan Bulan Ramadhan 1445 Hijriah, sebesar 0,63 persen (mtm). Beberapa komoditi menjadi langganan penyumbang inflasi sejak awal tahun ini.

Angka inflasi bulan Maret terungkap saat BPS Jember menggelar pers rilis secara luring dengan mengundang instansi terkait dan sejumlah awak media di lantai 2 gedung, Senin 1 April 2024.

Dalam rilis yang dipimpin langsung oleh Kepala BPS Jember Tri Erwandi membeberkan, komoditi penyumbang inflasi bulan lalu.

“Rangking pertama daging ayam ras dengan andil sebesar 0,21 persen,” ujar Tri Erwandi, Senin (1/4/2024).

Baca Juga : Inflasi Kabupaten Jember di Akhir Tahun 2023 Rendah, Kado Istimewa HUT Ke 95

Kemudian, disusul beras sebesar 0,17, telur ayam ras 0,09, jagung manis 0,04, minyak goreng 0,03, emas perhiasan 0,03, bawang putih 0,03, kue basah 0,03, sigaret kretek tangan 0,02 dan sigaret kretek mesin 0,02. Itulah sepuluh komoditi penyumbang inflasi bulan Maret di Jember.

Menurut ulasan BPS, sejak bulan Januari hingga Maret 2024 ada 3 komoditi yang menjadi langganan penyumbang inflasi, yaitu beras, daging ayam ras dan telur ayam ras.

Masih kata Tri, ada keterkaitan ketiga komoditi itu. “Ketiganya terkait dengan hasil pertanian khususnya panen padi dan jagung,” ulasnya.

Menyimak informasi sebelumnya, Kepala Cabang Bulog Jember, Ade Saputra, pernah menyampaikan dalam rapat Si Rambo (Sinergi dan kolaborasi setiap Rabu), waktu itu di gedung Serbaguna KPwBI Jember, bahwa ada alokasi jagung subsidi untuk peternak Jember. Akan tetapi harus ada paguyuban peternak Jember.

Terkait hal tersebut, belum terkonfirmasi kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, drh Andi Prastowo.

Angka inflasi ini lebih tinggi dari bulan sebelumnya, Februari, yakni sebesar 0,48 persen. Tim Pengendali Inflasi Daerah Kabupaten Jember harus putar otak agar bulan April angka inflasinya bisa turun. (sgt)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.