Berita Nasional Terpercaya

Hostel di Kawasan Malioboro Dibanjiri Pesanan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Kota Yogyakarta selalu menjadi magnet bagi para wisatawan apalagi di momen Libur Lebaran 2024. Dampaknya, usaha penginapan atau hostel mengalami kenaikan tingkat okupansi signifikan hingga 90 persen.

Baca Juga Festival Lereng Merapi Tanamkan Pendidikan Karakter

Di Kota Yogyakarta sendiri banyak penginapan atau hostel yang berkelas dengan budget murah dan terjangkau, disertai faslitias yang cukup lengkap. Salah satu lokasi yang paling banyak diminati berada di pusat kota, terutama di dekat pusat keramaian Malioboro maupun di kawasan dekat kampus.

Terfavorit di Yogyakarta, hostel atau penginapan D’Paragon Kost Eksklusif hampir ada di seluruh wilayah strategis di Yogyakarta, seperti di kawasan kampus UNY, UPN dan UGM di daerah Karangmalang, Gang Flamboyan, Pogung dan Seturan. Lokasi lainnya dekat dengan pusat keramaian di berbagai lokasi strategis seperti Pringwulung, Perumnas hingga jalan Malioboro

General Manager D’Paragon Kost Eksklusif, Budiana mengatakan tahun 2024, hostel atau penginapan yang berada di pusat kota Jogja seperti jalan Malioboro menjadi incaran wisatawan. Bahkan tingkat okupansi telah mulai ramai dipesan sejak awal Ramadhan hingga mendekati libur lebaran Idul Fitri.

“Iya. Alhamdulillah rata-rata okupansi dparagon saat lebaran 80-90%. Ini sudah mengalami kenaikan sejak awal Ramadhan dan puncaknya saat periode arus mudik dan balik Lebaran. Bahkan ada beberapa yang sudah full,” jelas Budiana, Selasa (2/4).

Untuk mengantisipasi peningkatan tamu, sekaligus memberikan pelayanan saat musim libur lebaran, pihaknya juga memberikan berbagai fasilitas lengkap diantaranya paket kuliner seperti breakfast khusus. “Kita juga melayani breakfast khusus di Dparagon Malioboro dengan nuansa rooftop. Jadi pengunjung bisa menikmati suasana kota Yogyakarta dari atas sambil menikmati sajian kuliner khas,” tuturnya.

Tak hanya itu, pihak hostel juga menyampaikan fasilitas hostel tak kalah dengan hotel berbintang lainnya. Pengunjung bisa mendapatkan beragam fasilitas lengkap mulai AC, Kulkas, Shower air panas, wifi, Free Parkir dan Breakfast.

“Untuk keamanan pengunjung, kita juga telah pasang CCTV untuk keamanan serta
Customer Service 24 Jam. Bahkan tahun ini kita bikin program promo Giveaway Iphone untuk reservasi harian dan mingguan dengan kode promo diskon up to 70%,” ungkap Budiono.

Pada musim Lebaran tahun 2024 ini, sebagian besar tamu merupakan rombongan wisata, keluarga maupun karyawan perusahaan yang tengah tugas luar kota. Kebanyakan pengunjung hostel didominasi dari luar kota, seperti Jakarta, Bandung, Semarang maupun Surabaya.

Bahkan saat momen lebaran banyak tamu yang berasal dari luar pulau Jawa, seperti dari Medan, Palembang, Balikpapan, hingga Malasar maupun kota-kota di Indonesia.

“Ini banyak juga ya yang rombongan wisatawan gitu, mereka ingin melewatkan malam tahun baru di Jogja. Juga sebagian lagi adalah rombongan keluarga, juga ada dari instansi dan perusahaan yang sedang bertugas di Jogja,” ungkapnya.

Baca Juga Telusuri Kekayaan Historis Dan Budaya Kepulauan Selayar, Muhibah Budaya Jalur Rempah Digelar

Salah satu pengunjung, Agung Yanuar asal Lombok mengaku datang ke Kota Yogyakarta bersama teman temannya untuk menikmati musim berlibur. Mereka pun mencari penginapan yang budget nya terjangkau yang dekat dengan pusat keramaian Jogja.

“Kita datang buat libur Paskah ini, sekaligus kita nanti sampai Lebaran Idul Fitri mau wisata juga ke berbagai objek wisata. Kita memilih hostel ini karena faslitiasnya yang sudah seperti hotel berbintang lah tapi budgetnya sangat terjangkau,” pungkas Agung. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.