Berita Nasional Terpercaya

Rektor UPNYK Lantik 10 Pejabat Baru

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Rektor Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNYK), M Irhas Effendi melantik sejumlah pejabat di lingkungan kampus setempat, Rabu (3/4). Pejabat yang dilantik meliputi tiga wakil rektor, lima dekan, dan dua ketua lembaga. Mereka akan bertugas untuk periode 2024-2028.

Baca Juga Festival Lereng Merapi Tanamkan Pendidikan Karakter

“Saya ucapkan terima kasih kepada pejabat lama yang sudah menyelesaikan target-target yang telah ditetapkan UPN Veteran Yogyakarta dan selamat untuk pejabat baru yang akan menjalankan amanah di tahun 2024-2028,” ujar Rektor dalam sambutannya.

Lebih lanjut dia mengatakan pergantian pejabat dalam struktur organisasi adalah hal yang lumrah, sebagaimana diamanatkan dalam permendikbud dan peraturan rektor di lingkungan UPN Veteran Yogyakarta.

Menurut Irhas, struktur organisasi dan orang yang ada di dalamnya merupakan bagian dari kerangka implementasi efektivitas manajemen. UPN Veteran Yogyakarta, kata dia, sudah menetapkan rencana jangka panjang dan rencana strategis yang di dalamnya punya target yang hendak dicapai.

“Struktur tidak akan efektif jika tidak ada orang. Orang yang diperlukan adalah mereka yang memiliki kapasitas, integritas dan komitmen kepada lembaga,” imbuh dia.

Ia berharap pejabat baru untuk menyatukan tekad, menyamakan persepsi dan nilai dalam mengemban amanahnya. “Diperlukan harmonisasi-harmonisasi memiliki makna yang penting untuk konsisten saling menguatkan, untuk mengoptimalkan kapasitas masing-masing,” tegas Rektor dalam upacara pelantikan.

Sekadar diketahui untuk jajaran wakil rektor, nama-nama yang dilantik adalah Machya Astuti Dewi sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademik, Sutarto sebagai Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan, Hendro Widjanarko sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama.

Sementara untuk jajaran dekan, nama-nama yang dilantik adalah Raden Mas Basuki Rachmad sebagai Dekan Fakultas Teknologi Mineral, Awang Hendrianto Pratomo sebagai Dekan Fakultas Teknik Industri, Budi Widayanto sebagai Dekan Fakultas Pertanian, Januar Eko Prasetio sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Susanta sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dua kepala lembaga yang dilantik afalah Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Dyah Sugandini dan Ketua Lembaga Pengambangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M), Barlian Dwinagara.

Baca Juga Telusuri Kekayaan Historis Dan Budaya Kepulauan Selayar, Muhibah Budaya Jalur Rempah Digelar

Sebelum ditunjuk dan dilantik semua pejabat baru ini telah melalui serangkaian proses dan pertimbangan baik oleh senat maupun rektor. Khususnya untuk dekan, proses pemilihan dilakukan oleh senat di tingkat fakultas masing-masing dengan tambahan 35 persen suara rektor.

Sementara untuk wakil rektor dan ketua lembaga merupakan usulan senat universitas. Kendati demikian rektor selaku pimpinan tertinggi universitas memiliki hak prerogatif untuk memberikan keputusan.
Diinformasikan sebelumnya rektor terpilih, M Irhas Effendi telah dikukuhkan menjadi Rektor UPNYK pada akhir tahun 2023 lalu setelah memenangkan pemilihan rektor di tahun yang sama. Sementara jajaran pejabat di bawahnya baru dipilih dan dilantik tahun ini karena mengikuti periode sasi habis masa jabatan pejabat. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.