Berita Nasional Terpercaya

Lukisan Go Green Taruparwa Liem Sian An akan Dilelang September 2024 di Hongkong, Targetkan Rp1 Triliyun

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Seniman lukis yang juga dikenal sebagai pengusaha dan aktivis lingkungan, Liem Sian An atau Sam Sianata direncanakan akan melelang lukisannya yang bertemakan Go Green Taruparwa, di rumah lelang Christies Hongkong, dengan target lelang diatas Rp100 milyar bahkan hingga Rp1 triliyun.

Pelelangan lukisan tersebut direncanakan akan dilakukan pada bulan September 2024 ini.

Ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Liem Sian An menceritakan betapa besarnya pesan-pesan yang tersirat dalam lukisan tersebut.

Baca Juga : Viral! Lukisan Lawas dari Bali Selamat dari Kebakaran

“Lukisan ini mempunyai dua makna besar, yang pertama menyuarakan kepada dunia untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan, memompakan hasrat menghijaukan Bumi agar kelaj dapat diwariskan kepada anak cucu kita,” ujarnya, Kamis (4/4/2024).

Kemudian, makna yang kedua adalah didalam lukisan ini menanamkan semangat kedamaian dan kerukunan antar umat beragama, umat manusia supaya menjaga agar Bumi tetap lestari.

Diakui Liem Sian An, lukisan Go Green ini terinspirasi dari dalam dirinya sendiri yang telah lebih dari 25 tahun menyuarakan kedamaian, kerukunan, dan persatuan Bangsa.

Lukisan ini, lanjut Liem Sian An juga hasil imajinasi dan perenungannya dari kegiatan menanam pohon yang dilakukannya di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), khususnya di sekitar lereng Gunung Merapi pasca letusannya pada 2010 silam.

“Dari momen itu Yayasan milik saya, Go Green Calvin memenangkan lomba orbit sebagai organisasi masa terbaik tahun 2011 dalam rangka menghijaukan kembali lereng Gunung Merapi pasca letusan dahsyat tahun 2010,” paparnya.

Ditambahkan Liem Sian An, pada tahun 2012, dirinya juga membuat sebuah momentum menanam pohon bersama Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan tujuh tokoh agama nasional, di Yogyakarta yang tujuan untuk menyuarakan pelestarian lingkungan, sekaligus menanamkan toleransi, semangat kebersamaan (unity), kerukunan, kedamaian dalam wujud sebuah acara yang diberi judul Taruparwa.

Baca Juga : Kohesi Initiatives Buka Pameran Seni “Di Timur Matahari” Karya Seniman Riono Tanggul

Lukisan Go Green Taruparwa ini juga, masih kata Liem Sian An merupakan satu kesatuan dengan lagu penyemangat menanam pohon Go Green hijaukan tanahmu.

Dia juga mendorong seniman-seniman, khususnya di Yogyakarta untuk berkarya dan berani berpikir besar, serta berani berkarya dalam visi dan misi besar, sehingga akan mendapatkan penghargaan yang besar pula.

“Apabila lukisan kita mendapat penghargaan yang besar, otomatis bangsa kita sebagai Bangsa yang besar, bangsa yang penuh dengan budaya yang besar, itu akan sejajar dengan dunia,” katanya.

Liem Sian An juga mengakui dirinya ingin menjadi lokomotif bagi seniman-seniman lukis lainnya di Indonesia untuk percaya diri dalam menciptakan kreasi-kreasi yang besar, sehingga mendapatkan nilai yang besar bagi pelukisnya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.