Berita Nasional Terpercaya

Jogja Banjir Wisatawan, Villa di Tengah Kota Dengan Private Pool Laris Manis

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Jelang musim libur Lebaran, dunia pariwisata di Yogyakarta mulai menggeliat, khususnya sektor penginapan atau hunian. Sebelumnya, Kementerian Perhubungan memprediksi 11 juta wisatawan akan masuk ke Yogyakarta.

Tak hanya hotel dan homestay, pengusaha villa pun ikut kebanjiran pesanan di masa libur lebaran. Tak tanggung-tanggung tingkat okupansi mencapai 90-95 persen.

Baca Juga Festival Lereng Merapi Tanamkan Pendidikan Karakter

Misalnya, Bohemian Jogja Villas yang menawarkan private pool di kawasan Sinduadi, Mlati, Sleman. Mengusung konsep bohemian, bangunan dan interiornya villa dipenuhi dengan dekorasi atau ornamen berbahan alam.

Property Manajer Bohemian Jogja Villas Nia Rizqy mengatakan peningkatan okupansi mulai terjadi sejak H-7 lebaran hingga tingkat huniannya hampir penuh sampai akhir bulan April. Kenaikan mencapai 10-20 persen dibandingkan dengan hari biasa.

“Okupansi kami sekarang 90 sampai 95 persen, meningkat 10-20 persen dari hari biasa,” tuturnya, Senin (8/4/2024).

Untuk wisatawan domestik, kebanyakan berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jakarta. Villa tersebut banyak dipilih karena semua kamarnya ada private poolnya. Para tamu akan merasakan basuhan air di dekat kamar dengan paparan cahaya matahari secara maksimal.

“Kami ada 36 unit villa setiap kamar sudah ada private pool sendiri jadi depan kamar ada kolam renang private. Yaitu, sembilan unit villa family, 20 villa couple, dua unit tree bed room dan lima unit suite,” jelasnya.

Menurut Nia, karakteristik wisatawan pada tahun ini sedikit berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Kebanyakan mereka memesan hunian dengan jarak yang mepet dengan waktu Lebaran yakni H-7 sampai dengan hari H. Cukup banyak dari tamu yang berburu promo last minute.

Baca Juga Telusuri Kekayaan Historis Dan Budaya Kepulauan Selayar, Muhibah Budaya Jalur Rempah Digelar

“Setelah pesan tiket pesawat mereka tidak langsung pesan hotel, pas tiba di tempat tujuan baru pesan hotel atau hunian,” katanya.

Di masa lebaran ini, terdapat kenaikan harga di villa itu. Di masa normal, harga kamar dipatok mulai dari Rp1,2 juta di hari reguler dan Rp1,8 juta weekend. Sementara di masa lebaran harga mulai Rp2 juta untuk jenis couple, Rp3 juta untuk family, dan jenis suite mulai Rp5 jutaan.

“Kami untuk harga memang naik tapi disesuaikan dengan tingginya permintaan,” pungkasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.