Berita Nasional Terpercaya

Serunya Membaca Surat Kartini di Museum Ullen Sentalu

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Museum Ullen Sentalu Yogyakarta menggelar acara Ullen Sinau: Cerita dari Halaman edisi April 2024 (Membaca Surat Kartini), Kamis, 18 April 2024 di Halaman Skriptorium Ullen Sentalu.

Acara ini diikuti sejumlah peserta yang membacakan surat Kartini atau ulasan tentang surat Kartini dari berbagai judul buku. Setelah itu, para peserta berdiskusi atas apa yang dibaca itu.

Humas Ullen Sentalu, Isti Yunaida menjelaskan, acara ini adalah acara non formal bulanan yang tujuannya untuk saling berbagi ilmu. Bulan ini tema Kartini dipilih karena mendekati Hari Kartini. Sementara sebagian banyak orang tidak tahu tentang isi surat-surat Kartini yang membahas banyak hal.

“Pemikiran Kartini dari 120 tahun lalu tetap relevan hingga sekarang,” ujarnya.

Baca juga: Diperingati Setiap 21 April, Begini Sejarah Hari Kartini

Ia juga berpendapat, acara ini dimaksudkan untuk meningkatkan minat baca di Indonesia. Sebab kemajuan suatu bangsa sangat tergantung tingginya minat baca warganya.

“Untuk memberi pencerahan dunia literasi Indonesia yang terpuruk parah,” imbuhnya.

Baca juga: Menilik Masa Depan Anak Perempuan Indonesia Dalam Momentum Hari Kartini

Sementara itu, salah seorang peserta, Gita Marantika, mahasiswi Jogja asal Pangandaran membacakan fragmen dari buku ‘Panggil Aku Kartini Saja’ karya Pramoedya Ananta Toer. Dari buku itu ia bisa mengetahui bahwa Kartini sangat peduli dengan dunia musik, terutama musik gamelan.

“Kartini sangat bangga dengan gamelan yang merupakan bukti keluhuran budaya leluhurnya di masa lampau,” ujarnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.