Berita Nasional Terpercaya

Masyarakat Diajak Semarakkan Hari Kesiapsiagaan Bencana di Yogyakarta

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Indonesia memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) setiap tanggal 26 April. Tema Nasional HKB 2024 adalah “Indonesia Tangguh, Indonesia Hebat”. Sementara sub-tema HKB di DIY 2024 adalah “Tanggap, Tanggon, Trengginas Ngadhepi Bebaya”.

Kepala Pelaksana BPBD DIY, Noviar Rahmad menjelaskan, tema DIY tersebut dirumuskan mengingat DIY diidentifikasi mempunyai beberapa kawasan rawan bencana. Kawasan rawan bencana gunung berapi di lereng Gunung Merapi, Kabupaten Sleman serta sekitar sungai yang berhulu di Gunung Merapi.

“Kawasan rawan bencana tanah longsor berada di semua kabupaten di DIY, sedangkan gerakan tanah/batuan dan erosi berpotensi terjadi pada kawasan lereng pegunungan di Kulon Progo,” ujarnya, Kamis 25 April 2024.

Selain itu, menurutnya kawasan rawan gempa bumi tektonik berpotensi terjadi karena wilayah DIY berdekatan dengan zona subduksi (kawasan tumbukan antar lempeng) di dasar samudera Indonesia yang berada di sisi selatan DIY. Wilayah DIY juga mempunyai beberapa sesar yang diduga aktif.

Kawasan rawan bencana tsunami terdapat di sepanjang pantai Kabupaten Bantul, Kulon Progo dan Gunungkidul khususnya pantai dengan elevasi kurang dari 30 m dari permukaan air laut.

Baca juga: Hujan Seharian Berimbas Sejumlah Kejadian Di DIY

Gempa bumi 27 Mei 2006 yang melanda Bantul, Gunungkidul dan beberapa daerah di sekitarnya menjadi kenangan buruk dengan dampak yang cukup dahsyat. Selanjutnya bencana erupsi Gunung Merapi pada tanggal 26 Oktober 2010 dan tanggal 5 Nopember 2010 juga menjadi pengalaman pahit bagi warga Yogyakarta khususnya masyarakat lereng Merapi Kabupaten Sleman.

“Di DIY juga banyak kejadian bencana skala kecil yang diakibatkan oleh angin kencang, tanah longsor, kebakaran, banjir, penyakit dan masalah sosial juga perlu mendapat perhatian bersama untuk bisa mengurangi dampak negatif pada kehidupan dan penghidupan masyarakat Yogyakarta,” imbuh Noviar.

Sasaran Pelaksanaan kegiatan Peringatan Hari Kesiapsigaan Bencana (HKB) di daerah menurutnya adalah seluruh lapisan masyarakat yang ada di DIY dengan segmen wama atau sasaran kelompok muda, urban, dan kelompok rentan. Puncak kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 28 April 2024 bertempat di Jalan Malioboro. Titik lokasinya di sebelah barat Kantor Gubernur DIY, Komplek Kepatihan.

“Akan ada panggung resiliensi yang menampilkan performance, fashion show pelaku penanggulangan bencana, dan talkshow,” ujar dia.

Baca juga: Hadapi Potensi Bencana Di Pemilu 2024, Ini Yang Disiapkan BPBD DIY

“Peringatan ini bukan sekadar seremonial, tapi mengingatkan masyarakat untuk terus waspada,” imbuh Noviar.

BPBD DIY dalam kesempatan ini juga berkolaborasi dengan PMI DIY mengajak warga masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah yang akan dilaksanakan pada hari Jumat, 26 April 2024 mulai pukul 09.00 WIB – selesai, bertempat di Pandapa Wiyatapraja, Komplek Kepatihan Kantor Gubernur DIY.

“Selain donor darah, masyarakat bisa mendapatkan layanan gratis konsultasi kesehatan, cek tensi, dan deteksi kondisi tubuh tanpa dicoblos,” tandasnya. (den)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.