Berita Nasional Terpercaya

5 Tips Berwisata Smart

0

BERNAS.ID – Berwisata bukan sekedar menghambur-hamburkan uang walaupun ada kesan “hiburan”. Namun esensi berwisata yang sebenarnya adalah untuk mendapatkan penyegaran diri secara pisik dan jiwa.

Jeda sejenak dari aktifitas rutinitas sehari-hari akan dapat menciptakan semangat baru selain sebagai media untuk menjelajahi hal yang belum pernah dialami selama ini.

Tentunya berwisata membutuhkan dana, sama halnya dengan kegiatan lainnya karena kita membutuhkan sumber daya dan fasilitas untuk mencapai tujuan berwisata itu sendiri.

Baca Juga : Selalu Ada 5 Hal Ini di Hotel Saat Liburan Imlek, Apa Saja Ya?

Namun, dengan SMART Holiday Tipssobat traveller bisa berwisata hebat nan hemat, tetap asik tanpa panik harus boros dana besar.

1. S-esuaikan Budget

Tentukan rencana anggaran, bila perlu menabung bertahap untuk masa berlibur nantinya. Susun anggaran untuk keperluan transportasi (darat/laut/udara), akomodasi, dan lainnya.

2. M-erencanakan Itinerary

Susun rencana perjalanan untuk jangka waktu berwisata, destinasi yang dituju, rute dan jadwal wisata serta lainnya.

Sehingga berwisata menjadi produktif dan cukup efektif dan efisien dari segi waktu dan biaya.

3. A-ntisipasi Hal Tidak Perlu

Berwisata kadang juga memanjakan diri yang perlu dikendalikan agar tidak berlebihan dan mengeluarkan biaya yang tidak semestinya.

Khususnya berbelanja, belilah barang/produk yang diperlukan saja karena selain sebagai biaya konsumtif hal tersebut juga dapat menimbulkan biaya transportasi yang berlebihan misalnya excess bagage fee di pesawat.

Termasuk perhatikan barang-barang yang akan dibawa berwisata, contoh bawalah pakaian yang sesuai dengan destinasi dan secukupnya.

4. R-aih Promo Terbaik secara Online

Penawaran promosi terbaik selalu ada di online, jelajahi berbagai platform aplikasi untuk mengetahui dan memilih harga promosi yang dinamis untuk transportasi, penginapan, paket wisata dan lainnya.

Biasanya harga-harga lebih murah pada saat bukan musim liburan (di luar libur hari raya dan liburan sekolah).

5. T-injau Kenangan Berwisata

Membuat kenangan yang mengesankan saat berwisata adalah kepuasaan bagi setiap orang.

Mengunggah di media sosial atau berbagi photo kepada keluarga dan sahabat bisa menjadi kebanggaan juga. Kepuasan dan kebanggaan tersebut dapat membantu pikiran tidak merasa terbenani biaya yang dikeluarkan saat berwisata, istilahnya : value for money and worth it.

Berwisata sudah menjadi trend bagi masyarakat saat ini seiring pengaruh media sosial yang banyak menampilkan aktifitas berlibur, mengunjungi suatu tempat, kuliner, arisan, reuni, berpetualang dan berbagai atraksi wisata lainnya.

Berwisata juga tidak harus ke luar kota, pulau atau negeri. Itulah pentingnya merancang wisata agar sesuai dengan budget namun tetap bisa menikmati suasananya.

Jadi sobat traveller mesti SMART yaaa merencanakan wisatanya. Dengan bijak dan cerdas untuk berwisata hebat nan hemat, asik tanpa panik boros uang.

Yuk selalu #banggaberwisatadiindonesia #belikreatiflokal #banggabuatanindonesia dengan berwisata #diindonesiaaja

(Penulis: Ketut Swabawa | Praktisi Pariwisata)

Leave A Reply

Your email address will not be published.