Berita Nasional Terpercaya

Capaian Pemungutan BPHTB Sleman Tahun 2023 Lampaui Target

0

SLEMAN, BERNAS.ID– Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan apresiasi kepada Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) dan mitra kerjanya yang telah berhasil mendukung proses pemungutan Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan (BPHTB). Menurutnya, capaian BPHTB akan memberikan kontribusi yang cukup besar kepada penerimaan pajak daerah.

Baca Juga Lurah Candibinangun Ditetapkan Tersangka Terkait Tanah Kas Desa

Hal tersebut disampaikan Bupati dalam koordinasi optimalisasi penerimaan BPHTB tahun 2024 yang diikuti oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) atau notaris wilayah kerja Kabupaten Sleman, bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa (7/5).

“Atas sinergi positif ini, capaian pemungutan BPHTB Sleman tahun 2023 berhasil melampaui target hingga 110,19 persen. Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari seluruh pihak yang membantu proses pemungutan BPHTB selama ini,” tutur Kustini.

Kustini pun berharap, peran aktif seluruh pihak dalam upaya optimalisasi BPHTB ini, dapat terus meningkatkan sinerginya sehingga perolehan BPHTB pada tahun 2024 dapat tercapai.

Dalam arahannya, Kustini juga menjelaskan bahwa BPHTB bukan sekedar instrumen pajak untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), melainkan juga instrumen untuk penertiban administrasi tanah.

Untuk itu, Ia menghimbau kepada PPAT untuk turut serta mengedukasi dan mensosialisasikan kebijakan pemerintah terkait penggunaan lahan dan tertib administrasi pertanahan termasuk di dalamnya, kewajiban-kewajiban pembeli yang harus dipenuhi seperti pembaharuan data PBB.

Sementara itu, Sekretaris BKAD Kabupaten Sleman, Elli Widiastuti dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan penerimaan BPHTB, Pemkab Sleman melalui BKAD telah melaksanakan langkah-langkah optimalisasi antara lain dengan penelitian kantor dan lapangan serta koordinasi dengan stakeholder terkait diantaranya adalah PPAT/Notaris yang wilayah kerjanya di Kabupaten Sleman, Pengda IPPAT Kabupaten Sleman dan Kantor Pertanahan/BPN Kabupaten Sleman.

Menurutnya, sinergi dengan stakeholder terkait memiliki peranan penting dalam upaya optimalisasi penerimaan BPHTB di Kabupaten Sleman, mengingat target kinerja BPHTB untuk tahun 2024 semakin besar sehingga perlu upaya intensifikasi dan memperkuat kerjasama dengan berbagai pihak terkait.

Baca Juga Kejari Sleman Diminta Pakai Strategi Klaster Bongkar Dugaan Korupsi Hibah Pariwisata

Lebih lanjut, Elli menuturkan bahwa penerimaan BPHTB tahun 2023 yaitu sebesar Rp.245.220.658.451, dari targetnya yaitu sebesar Rp. 222.528.000.000. Sementara pada tahun 2024, target penerimaan BPHTB yaitu sebesar Rp.237.000.000.000.

Dengan adanya kerjasama dengan stakeholder terkait, Elli optimis target penerimaan BPHTB dapat tercapai dan pelayanan pada masyarakat dalam permohonan validasi BPHTB maupun dalam pendaftaran tanah dapat berjalan baik dan lancar. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.