Berita Nasional Terpercaya

Hari Jadi Kalurahan Umbulharjo, Bupati Sleman Dorong Pelestarian Budaya

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menghadiri kegiatan kirab budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-76 Kalurahan Umbulharjo, Kapanewon Cangkringan di Halaman Kantor Kalurahan Umbulharjo pada Sabtu (11/5).

Kehadiran Bupati Sleman didampingi oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan), Edy Winarya dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK), Samsul Bakri.

Baca Juga Festival Lereng Merapi Tanamkan Pendidikan Karakter

Dalam sambutannya, Kustini, Bupati Sleman, menyampaikan ucapan selamatnya kepada masyarakat Umbulharjo yang tengah memperingati hari jadi Kalurahan Umbulharjo. Ia menyambut baik penyelenggaraan kegiatan kebudayaan sebagai rangkaian peringatan hari jadi Kalurahan Umbulharjo yang melibatkan berbagai unsur masyarakat.

“Saya ucapkan terimakasih untuk seluruh pihak baik dari Kalurahan, masyarakat, yang telah menyelenggarakan kegiatan kebudayaan sebagai rangkaian dari peringatan ini (Hari Jadi Kalurahan Umbulharjo). Kegiatan seperti ini patut mendapat dukungan karena dapat melestarikan kebudayaan,” ujar Kustini.

Ia juga mengaku senang melihat antusias masyarakat yang ikut meramaikan kegiatan kebudayaan yang berlangsung di kawasan Kantor Kalurahan Umbulharjo.

Lebih lanjut, dalam kesempatan tersebut Kustini juga mengajak masyarakat untuk bersama – sama melestarikan kebudayaan dan mengenalkannya kepada generasi muda agar tumbuh rasa memiliki dan mencintai budaya sendiri.

Kemudian, Kustini Sri Purnomo berkesempatan melakukan prosesi potong tumpeng sebagai salah satu prosesi dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Lurah Umbulharjo, Danang Sulistya menuturkan bawah pada peringatan hari jadi ini, terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Kalurahan bersama dengan masyarakat.

“Rangkaian sudah dimulai dari tanggal 6 Mei 2024 yaitu lomba inovasi Kalurahan, pengajian akbar, merti unggul berkaitan dengan konservasi alam, kemudian ada wayangan dan ketoprak, kirab budaya, dan terakhir pada 11 Mei 2024 ada jalan sehat bersama masyarakat,” ungkapnya.

Ia berharap, momentum peringatan hari jadi Kalurahan Umbulharjo ini menjadi sarana untuk meningkatkan kerukunan dan gotong royong bersama, serta mewujudkan Kalurahan Umbulharjo sebagai desa yang mandiri dari segala hal. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.