Berita Nasional Terpercaya

Notaris Bantul, Gunungkidul, dan Kulon Progo Diminta Tegakkan Kode Etik

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Layanan Kenotariatan, Selasa, 14 Mei 2024. Acara diikuti oleh puluhan notaris dari beberapa wilayah kabupaten di DIY.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY Agung Rektono Seto menjelaskan, acara ini diikuti oleh para notaris dari Kabupaten Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo. Tema acara ini adalah “Penegakan Kode Etik Notaris dalam Menjalankan Tugas dan Fungsi Jabatan Notaris Demi Terwujudnya Notaris yang Berintegritas serta Berkualitas”.

“Kegiatan ini adalah yang kali kedua, yang pertama kita sudah mengundang notaris dari Kota Jogja dan Sleman bulan April,” ungkapnya saat membuka acara.

Baca juga: Syarat Balik Nama Sertifikat Tanah Tanpa Notaris, Jangan Sampai Salah!

Ia menegaskan, notaris harus taat perundang-undangan dan kode etik, demi tercapainya kepastian hukum dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Namun masih ada notaris di DIY yang dalam tugasnya melenceng dari ketentuan yang ada, hingga akhirnya diperiksa pihak berwenang.

Baca juga: Gerabah Kasongan Bantul Terima Sertifikat Indikasi Geografis Dari Kemenkumham

Ia menambahkan, kalau ada notaris yang bekerja tidak sesuai ketentuan pihaknya siap melakukan pembinaan yang dilakukan oleh Majelis Pengawas Daerah (MPD) notaris. Itu melibatkan notaris, akademisi dan juga dari Kanwil Kemenkumham untuk melakukan pembinaan kepada notaris yang ada

“Apabila nanti ada pengaduan dan juga ada permintaan polisi atau Kejaksaan untuk memeriksa, kami juga akan melakukan pemeriksaan, setelah itu baru kami berikan izin kepada pihak Kejaksaan atau Kepolisian untuk memeriksa,” kata dia.

“Notaris yang sudah kita periksa 20 [orang], status hukumnya yang menentukan Polisi,” papar dia.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham DIY Yustina Elistya Dewi menambahkan, total yang terdaftar kini ada 655 notaris di DIY. Dengan kegiatan ini diharapkan para notaris dapat memahami tugas dan fungsi jabatan notaris dengan baik.

“Dan meningkatkan kepatuhan notaris terhadap kode etik notaris,” ujar dia.

Acara sosialisasi ini menghadirkan beberapa pakar. Di antaranya R. Sumendro, S.H, yang merupakan Wakil Ketua Majelis Kehormatan Notaris Wilayah DIY dan Prof. Dr. Sigit Riyanto selalu pakar hukum dari UGM. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.