Berita Nasional Terpercaya

Waisak 2024, Ada Festival Budaya Bhumi Mandala di Candi Ngawen

0

MAGELANG, BERNAS.ID – Sukses menyelenggarakan Borobudur Peace and Prosperity Festival tahun lalu, MECCAYA Group kembali mengadakan lagi acara serupa tahun ini dalam rangkaian Hari Raya Trisuci Waisak 2568 BE/2024. Salah satu agendanya adalah Festival Budaya Bhumi Mandala, yang digelar di kawasan Candi Ngawen Magelang pada Kamis, 23 Mei 2024.

Festival Budaya Bhumi Mandala ini diisi dengan beragam pertunjukan seni dan budaya, antara lain pementasan tarian Bodhisatwa, tarian Vessantara, tarian Raja Kuvera, arak-arakan tumpeng, dan festival layang-layang.

Acara dipamungkasi dengan Upacara Payung Pusaka, dimana tokoh-tokoh agama dan masyarakat memecahkan kendi lima warna di bawah payung bergambar gunungan wayang untuk demi perdamaian dan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan dunia. Sebelumnya juga dilakukan doa lintas agama oleh pemuka dari enam agama.

Baca juga: Didik Nini Thowok Semarakkan Waisak 2019 di Candi Sewu

Ferry Salim selalu perwakilan Meccaya Group menjelaskan Borobudur Peace and Prosperity Festival ini sudah berjalan di tahun ketiga. Tujuan utamanya adalah mengajak masyarakat untuk lebih mencintai alam sekitar.

“Serta sadar mencintai budaya dan perdamaian serta kemanusiaan,” ujar aktor ternama Indonesia ini.

Baca juga: Prosesi Unik Perayaan Waisak Di Sejumlah Negara

Sebelum acara festival berlangsung, pagi harinya dilangsungkan acara ritual kemakmuran Jambhala. Liturgi yang dipakai adalah doa Lama Orgyen Khandro Norlha, manifestasi Guru Padmasambhava sebagai Jambhala. Ritual dipimpin oleh His Holiness Kathok Situ Rinpoche dari Bhutan. Acara diikuti oleh umat Buddha dari berbagai kota di Indonesia. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.