Berita Nasional Terpercaya

Kelas Perinatal Mindful Perkuat Keterlibatan Ayah Dalam Kesehatan Ibu dan Anak

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) bermitra dengan Ruang Sehati, Gentle Touch With Love, Abhirama Yoga Studio, dan Neloni Birth Centre, menggelar pengabdian masyarakat nasional secara hybrid (luring dan daring) bertajuk “Perinatal Mindful Class”. Kelas ini menjadi sebuah inovasi sosial dengan berfokus pada pemberdayaan Ayah dalam perawatan kesehatan ibu dan anak secara aplikatif.

Baca Juga Sri Sultan Ikut Panen Di Lumbung Mataraman Gunungkidul

Perinatal sendiri merupakan periode sebelum dan setelah kelahiran bayi, selama periode ini risiko terjadinya komplikasi sangat tinggi. Hal tersebut menjadi salah satu alasan pemberdayaan orangtua yakni ayah dan ibu, menjadi sebuah kunci keberhasilan dalam peningkatan kualitas kesehatan ibu dan anak di masa perinatal.

Ketua Peneliti dan Pemberdayaan Masyarakat Perinatal Mindful, Giyawati Yulilania Okinarum, S.ST., M.Keb., mengatakan optimalisasi peran ayah menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak dalam perawatan kehamilan dan perinatal. Selama ini, keterlibatan suami dalam masa kehamilan dan perinatal masih rendah, sebab sebagian besar orang menganggap peran laki-laki hanya berkaitan pada kebutuhan finansial saja.

“Untuk itu, diperlukan sebuah wadah untuk perkuat peran tersebut, hingga tercapainya peningkatan quality of life ibu dan anak,” ucap Giyawati.

Pengabdian masyarakat ini diikuti oleh 52 pasangan ayah dan ibu hamil dari 10 Provinsi di Indonesia. Total 12 peserta mengikuti kegiatan secara luring bertempat di Yogyakarta, dan sisanya bergabung melalui zoom meeting secara daring. Dipandu oleh 5 orang pakar sebagai narasumber, antara lain Bd. Aida Husnil Khotimah, S.Keb. (Neloni Birth Centre), Diva Rahmawati, SST (Abhirama.id), Rina Astari, S.Tr.Keb., M.Psi. (Gentle Touch with Love), dan tim dosen pengabdian masyarakat, Afroh Fauziah, M.Kes. dan Inayati Ceria, MPH.

Baca Juga Festival Lereng Merapi Tanamkan Pendidikan Karakter

“Kami telah menyusun kurikulum Perinatal Mindful Class dengan materi yang implementatif sejak masa kehamilan, persiapan fisik pada masa persalinan, masa nifas dan menyusui, serta perawatan bayi baru lahir. Bukan hanya sekedar materi, namun lebih memberikan pendampingan dalam praktiknya, sehingga ayah-ibu siap menjalani parenting transition dalam hal upaya peningkatan kesehatan ibu dan anaknya,” pungkas Giyawati. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.