Berita Nasional Terpercaya

Outing Class PKBM Reksonegaran Kunjungi Candi Sambisari dan Indigen Farm

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Reksonegaran Yogyakarta menggelar Outing Class ke Candi Sambisari dan Indigen Farm, pada Kamis (23/5/2024).

Kepala PKBM Reksonegaran, Sudarmaji mengatakan, pihaknya setahun 4 kali secara rutin menggelar outing class. Hal ini guna menambah literasi kepada anak didik terutama pendidikan luar sekolah.

Baca Juga : Study Tour Penting untuk Menambah Wawasan Siswa

“Seperti saat ini kita mengunjungi Indigen Farm yang merupakan wisata petik buah Melon dan Selada. Disini anak-anak dididik menjadi enterpreneur di bidang pertanian, dengan memperhatikan cara menanam sampai memanen buah Melon dan juga selada,” jelasnya.

Lanjut Sudarmaji, sehingga nantinya setelah lulus dari PKBM Reksonegaran, siswa didik tidak bingung harus berbuat atau bekerja apa.

Outing Class PKBM Reksonegaran saat mengunjungi Candi Sambisari, Sleman – (Foto: Christina Dewi/Bernas.id)

“Jadi nantinya setelah lulus dan kembali ke masyarakat, anak-anak tidak bingung harus kerja apa dan melakukan apa,” terangnya.

Selain mengunjungi Indigen Farm, Outing Class PKBM Reksonegaran juga mengunjungi Candi Sambisari yang merupakan candi Hindu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang berada di Purwomartani, Kalasan, Sleman.

Baca Juga : 5 Pemanfaatan Cloud Computing untuk Pendidikan

“Dengan mengunjungi Candi Sambisari ini, anak-anak diharapkan dapat merefleksi sejarah masa lalu, bahwa nenek moyang kita memiliki peninggalan budaya berupa candi,” kata Sudarmaji.

Ia menambahkan, dengan telah diselenggarakan outing class kali ini, siswa didik saat kembali ke sekolah bisa memiliki semangat baru, dan pengalaman baru dengan mengunjungi tempat-tempat yang mereka datangi saat outing class.

Disela mengunjungi Candi Sambisari, siswa didik juga bisa mengikuti photo competition dengan memotret semua objek yang berada di lingkungan candi. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.