Berita Nasional Terpercaya

Terapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Pemkab Sleman Raih Award

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Pemerintah Kabupaten Sleman meraih prestasi Digital Government Award (DGA) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPan-RB) atas kinerja dalam penguatan arah kebijakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional sebagaimana arahan Presiden RI.

Baca Juga Kejari Sleman Diminta Pakai Strategi Klaster Bongkar Dugaan Korupsi Hibah Pariwisata

Penghargaan ini diberikan kepada Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam kegiatan SPBE Summit 2024 dan peluncuran GovTech Indonesia yang dihadiri langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo bertempat di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (27/5). Pemkab Sleman, masuk dalam 10 besar terbaik DGA kategori Pemerintah Daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya mengatakan penghargaan Digital Government Award merupakan apresiasi tertinggi dalam penerapan pemerintah digital kepada seluruh instansi pusat dan pemerintah daerah untuk mencapai tingkat kematangan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Menurutnya, penghargaan Digital Government Award merupakan hasil penilaian dan evaluasi SPBE yang telah dilakukan secara berjenjang. Penilaian dan evaluasi dimulai dengan tahapan penilaian mandiri yang kemudian dilanjutkan penilaian oleh asesor dari 30 Perguruan Tinggi.

Sementara itu untuk penilaian final dilakukan oleh Tim Koordinasi SPBE Nasional, dipimpin oleh Kementerian PANRB beserta Kementerian PPN/BAPPENAS, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Sementara itu, Kabupaten Sleman memperoleh hasil pencapaian Indeks SPBE Tahun 2023 sebesar 4,29 dengan predikat Memuaskan, indeks tertinggi ke-5 Nasional untuk kategori Pemerintah Kabupaten. Pencapaian indeks SPBE ini mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2021 sebesar 2,55, tahun 2022 sebesar 3,19, dan pada tahun 2022 sebesar 4,29. Indeks SPBE Sleman menjadi yang tertinggi di DIY.

Baca Juga Kejari Sleman Dan BPKP DIY Sepakat Ada Pidana Di Kasus Dugaan Korupsi Dana Hibah Pariwisata

Sementara itu, usai menerima penghargaan DGA, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan prestasi yang diterima Pemkab Sleman merupakan hasil kerja keras perangkat daerah dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Ia mengucapkan terima kasih atas kinerja seluruh perangkat daerah di Sleman sehingga Sleman berhasil meraih penghargaan ini.

“Semoga ke depan Sleman dapat terus meningkatkan penerapan e government dalam tata kelola pemerintahan untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik,” pungkasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.