Berita Nasional Terpercaya

Jogja Prima Fest Tampilkan Produk dan Potensi Desa Prima DIY

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Belasan kelompok ekonomi produktif (KEP) binaan Desa Prima DIY meramaikan pameran bertajuk Jogja Prima Fest 2024 yang digelar di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa 28 Mei 2024.

Beragam jenis usaha yang ditekuni para perempuan anggota Desa Prima antara lain aneka olahan makanan, ritel, jasa katering, hingga kerajinan tangan itu ikut serta dipamerkan dan me jadi ajang tunjukkan produk serta potensi yang ada di Desa Prima DIY.

Acara dibuka oleh Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati (GKBRAA) Paku Alam X selalu Ketua Penasihat Dharma Wanita DIY melalui pengguntingan pita.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY, Erlina Hidayati mengatakan aspek pemasaran menjadi kendala yang masih dihadapi oleh anggota Desa Prima terutama yang lokasi aksesnya terbatas karena faktor geografis.

Untuk merespons permasalahan tersebut Pemda DIY melalui DP3AP2 menyelenggarakan pameran gelar potensi Desa Prima tersebut dengan tajuk Jogja Prima Fest 2024 yang kini bertajuk “Tuwuh Tangguh Wiguna”. Karena itu pihaknya berusaha memberikan dukungan, dorongan serta fasilitas agar perempuan dapat menyadari serta memaksimalkan potensinya dalam pembangunan melalui partisipasi kegiatan ekonomi yang dapat mendukung partisipasi nya diberbagai bidang lainnya, sehingga dapat tercipta kehidupan yang lebih baik.

“Yang menjadi sasaran program KEP Desa Prima adalah perempuan dari kelompok rentan,” kata Erlina Hidayati.

Baca juga: Gelar Potensi UMKM Dan Gapoktan Alun-Alun Selatan Yogyakarta

Pemerintah Daerah DIY juga diakui olehnya terus menambah jumlah Desa Perempuan Indonesia Maju Mandiri atau Prima di seluruh kabupaten di provinsi DIY sebagai upaya meningkatkan partisipasi kaum perempuan di bidang ekonomi.

Menurut dia, Jogja Prima Fest 2024 adalah bentuk komitmen Pemda DIY untuk meningkatkan potensi Desa Prima yang dibiayai dana keistimewaan itu.

“DP3AP2 melalui inisiasi pelatihan pendampingan, pembinaan serta pemasaran termasuk didalamnya mendirikan koperasi prima sekarang dan seperti pameran expo baik DIY maupun di luar DIY yang memfasilitasi produk-produk di desa prima ini semakin dikenal Harapan kami perempuan perempuan ini semakin berperan dalam meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga pada tingkat mikro dan meningkatkan kualitas bangsa pada tingkatnya,” ujar dia.

Baca juga: Grebeg UMKM DIY Digelar Agustus 2022, Ada Jogja Fashion Week

Sementara itu, Paniradya Pati Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho berharap melalui inisiasi, pendampingan hingga pembinaan rutin kepada kelompok-kelompok Desa Prima secara berkelanjutan, perempuan semakin berperan dalam meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga pada tingkat mikro dan meningkatkan kualitas hidup bangsa pada tingkat makro.

“Anggota KEP Desa Prima dapat memanfaatkan ajang ini untuk promosi branding dan perluasan jejaring sehingga ke depan dapat meningkatkan perekonomian,” kata Aris. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.