Berita Nasional Terpercaya

Disbud DIY Buka Audisi Gita Bahana Nusantara

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Audisi Paduan Suara Gita Bahana Nusantara (GBN) 2024. Audisi bertujuan untuk menumbuhkan rasa bangga dan cinta Tanah Air, serta semangat nasionalisme para pemuda dan pemudi Yogyakarta.

Untuk pengambilan nada dasar pada hari Jumat, 5 Juli 2024 dan audisi akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Juli 2024. Untuk lokasi, kedua kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Dinas Kebudayaan DIY.

Baca Juga Festival Lereng Merapi Tanamkan Pendidikan Karakter

Nantinya, 3 peserta yang terpilih akan menjadi salah satu perwakilan dari DIY untuk bergabung dengan Gita Bahana Nusantara bersama para perwakilan provinsi lain sebagai bagian rangkaian Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 di IKN, Kalimantan Timur.

Untuk syarat, berusia 16-23 tahun per 17 Agustus 2024 dan wajib ber-KTP DIY dengan dibuktikan melampirkan salinan KTP. Untuk yang belum memiliki KTP, melampirkan salinan Kartu Keluarga. Kemudian, belum menikah dengan melampirkan surat pernyataan belum menikah.

Syarat selanjutnya, mampu bernyanyi sesuai dengan jenis suara yang dimiliki, yaitu suara sopran dan alto untuk putri dan suara tenor dan bass untuk putra. Para peserta menguasai notasi musik baik notasi balok dan notasi angka. Saat mengikuti rangkaian kegiatan audisi, peserta wajib mengenakan pakaian rapi, sopan, bersepatu.

Persyaratan lainnya, peserta belum pernah mengikuti Gita Bahana Nusantara tingkat nasional sebelumnya. Bagi 3 peserta terpilih dan dinyatakan lolos berdasarkan keputusan dewan juri, bersedia dan mendapatkan persetujuan orangtua atau sekolah/perguruan tinggi untuk mengikuti rangkaian kegiatan Gita Bahana Nusantara di IKN.

Untuk lagu, ada sejumlah pilihan untuk peserta, seperti Hymne Kemerdekaan, Tanah Air, Indonesia Subur, Indonesia Pusaka, Sepasang Mata Bola, dan lainnya.

Kepala Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Adat Tradisi Lembaga Budaya dan Seni Disbud DIY, Yuliana Eni Lestari Rahayu mengatakan untuk teknik penilaian, meliputi materi suara, intonasi, ritmik, ekspresi, dan penampilan. “Untuk pendaftaran dibuka pada tanggal 30 Mei hingga 30 Juni 2024. Informasi pendaftaran dan petunjuk teknis dapat diunduh di tautan s.id/gbndiy2024,” pungkasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.