Berita Nasional Terpercaya

50 Kader Bela Negara Kalurahan Girikerto Turi Dikukuhkan

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengukuhkan Kader Bela Negara Kalurahan Girikerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman di Kantor Kalurahan Girikerto, Selasa (29/5). Kegiatan diinisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman.

Pengukuhan mengangkat tema “Sadar Akan Bela Negara untuk Menjaga Persatuan dan Kesatuan bangsa Pasca Pemilu 2024” dengan tujuan menumbuhkembangkan kesadaran bela negara bagi Aparatur Sipil Negara, Pamong Kalurahan, Satuan Perlindungan Masyarakat dan Generasi Muda.

Dalam sambutannya, Danang mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh kader yang telah dikukuhkan tersebut. Ia mengatakan Kader Bela Negara memiliki tugas yang cukup berat sekaligus mulia, yakni memberikan contoh dan mengajak seluruh masyarakat dalam melakukan kegiatan dan sikap bela negara dalam kehidupan sehari-hari.

“Bela negara saat ini tidak harus dengan angkat senjata seperti dulu. Realisasi nilai-nilai Bela Negara dapat kita lakukan dari hal-hal yang sederhana, dimulai dari diri sendiri dan dari lingkungan terdekat kita,” tutur Danang.

Lanjut tambahnya, bela negara merupakan upaya mewujudkan rasa cinta tanah air dengan terus menumbuhkan wawasan kebangsaan terutama melalui edukasi kewarganegaraan. Dengan upaya tersebut diharapkan masyarakat memiliki sikap dan perilaku bela negara yang dilandasi rasa kebangsaan, cinta tanah air dan semangat untuk rela berkorban.

“Saya harap kader bela negara juga dapat mendukung pihak terkait dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing,” ucap Danang.

Sekretaris Badan Kesbangpol Sleman, Budi Santosa, menyebutkan kader yang dikukuhkan sebanyak 50 orang, terdiri dari perwakilan Pamong Kalurahan, Satuan Perlindungan Masyarakat dan generasi muda se-Kalurahan Girikerto. Kegiatan ini didahului dengan Pelatihan Dasar yang dilaksanakan selama tiga hari mulai 27 sampai 29 Mei 2024.

Kegiatan ini turut menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kodim 0732/Sleman, Polresta Sleman, Bagian Hukum Setda Sleman, Bagian Pemerintahan Setda Sleman, Panewu Turi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran “, Pusat Studi Pancasila UGM, KPUD Sleman. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.