Berita Nasional Terpercaya

Mengenang Pendiri Bangsa, AMY untuk NKRI Peringati Hari Lahir Pancasila di Tugu Yogyakarta

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni, Aliansi Masyarakat Yogyakarta untuk NKRI, memperingati hari sakral tersebut di Tugu Pal Putih Yogyakarta, Senin (3/6/2024).

Ketua Aliansi Masyarakat Yogyakarta untuk NKRI, Sumaryono mengatakan, kegiatan yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat ini untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

Selain itu, Sumaryono yang didampingi Ketua Umum AMY untuk NKRI, Imam Heru Purnomo juga menyebut, ditengah dinamika politik yang terus berkembang, ideologi Pancasila mengalami tantangan serius akibat penyebaran berbagai ideologi terlarang di Indonesia.

Baca Juga : Tolak Khilafah dan Gema Pembebasan, PNIB DIY Menggelar Aksi Kirab Merah Putih

“Ideologi-ideologi itu seringkali bertentangan dengan nilai-nilai dasar Pancasila yang mengedepankan persatuan, toleransi, dan keadilan sosial,” ujarnya disela kegiatan.

Sumaryono mencontohkan, seperti separatisme, komunisme, dan terorisme yang saat ini berusaha merongrong kedaulatan negara dan memecah belah persatuan bangsa.

“Sehingga penting bagi seluruh elemen masyarakat, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, dan organisasi masyarakat sipil untuk mengedukasi dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila, serta memperkuat ketahanan ideologi bangsa agar dapat menghadapi dan mengatasi tantangan ini dengan efektif,” jelasnya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.