Berita Nasional Terpercaya

Gelar Potensi Pertanian 2024 Besok Hadir di Komplek Balai Kota Jogja

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Event tahunan Gelar Potensi Pertanian (GPP) segera hadir kembali pada 12-14 Juni 2024, di kawasan Balai Kota Jogja. GPP merupakan kegiatan yang menampilkan semua potensi pertanian perkotaan dalam sebuah event yang telah diselenggarakan oleh DPP sejak tahun 2017.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja Sukidi menyampaikan, bagi petani ini sebagai ajang dan wadah untuk menampilkan beberapa unggulan, inovasi dan kegiatan dan binaan dari dinas. Sedangkan bagi masyarakat khususnya para pecinta tanaman, baik tanaman produksi maupun tanaman hias, ini kesempatan untuk berburu tanaman lokal dengan harga yang lebih murah.

“Kami mempunyai tujuan mengembangkan potensi masyarakat Kota Yogyakarta di sektor pertanian,” ujar Sukidi, Selasa, 11 Juni 2024.

Baca juga: Inilah Acara Menarik Dari Dinas Pertanian Jogja Untuk Memperingati HUT Kota Ke-263

Ia menjelaskan, GPP tahun ini mengambil tema Healthy Garden, Healthy Food (Kebun Sehat, Pangan Sehat). Hal tersebut sejalan dengan upaya menyosialisasikan makanan sehat di Kota Yogyakarta. Masyarakat juga akan diedukasi bagaimana menanam di media yang terbatas tetapi tetap bisa berbuah dan menghasilkan.

Harapannya warga Kota Yogyakarta bisa menciptakan tanaman pangan di lahan yang sempit. Dalam gelaran nanti masyarakat akan mendapatkan atraksi, edukasi, visualisasi, dan sosialisasi.

“GPP bertujuan untuk mengembangkan potensi masyarakat Kota Yogyakarta dalam hal pertanian perkotaan, mengembangkan inovasi serta menyebarluaskan ilmu, teknologi, metode dan manajemen pertanian perkotaan, meningkatkan profesionalisme petani perkotaan, meningkatkan kebanggaan dan semangat pertanian di perkotaan, membangun jejaring kerjasama antar petani Kota Yogyakarta, meningkatkan kesejahteraan petani, menampilkan keberhasilan dan kemampuan petani perkotaan, memfasilitasi petani Kota Yogyakarta dalam menampilkan inovasi produk pertanian perkotaan,” imbuh dia.

Baca juga: Absen 3 Tahun, Gelar Potensi Pertanian 2022 Jogja Digelar Akhir Pekan Ini

Peserta GPP tahun ini terdiri atas 53 stan. Beberapa di antaranya dari 14 forum gapoktan kemantren asosiasi dan beberapa komunitas petani kota. Untuk kemudahan transaksi disiapkan QRIS di setiap stand, pilihan praktis cashless untuk pengunjung.

Anggaran acara bersumber dari DPA SKPD DPP tahun 2024. Acara akan berlangsung jam 08:00 – 16:00 WIB di Lapangan Balai Kota Timoho Kota Yogyakarta dan Graha Pandawa. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.