Berita Nasional Terpercaya

Petani Sleman Didorong Maksimalkan Pemanfaatan Teknologi

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Tingkatkan produktivitas petani, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meninjau Forum Komunikasi (Forkom) Gabungan Kelompok Wanita Tani (KWT), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) dan Petani Milenial, Selasa (11/6).

Kegiatan yang berlangsung di Semesta Farm Umbulmartani, Kapanewon Ngemplak diramaikan dengan bazar produk KWT BP4 Wilayah VI Kabupaten Sleman. Pada kesempatan tersebut, Bupati sekaligus mengkampanyekan minum susu kambing serta menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba olahan pangan lokal berbahan talas dan pemenang lomba mewarnai.

Ketua Forkom, Titik Sri Sudiartanti melaporkan, kegiatan tersebut melibatkan petani di wilayah Kapanewon Ngemplak dan Cangkringan. Selain lomba-lomba, masyarakat juga diajak mempelajari cara pengelolaan sorgum. Inisiatif tersebut, diharapkan Titik dapat menjadi wawasan bagi para petani untuk memajukan pertanian Sleman.

“Dengan adanya kegiatan ini semoga menjadi momentum untuk berbagi informasi, wawasan, inovasi, serta pembelajaran demi perbaikan dan kemajuan pertanian Kabupaten Sleman,” ucap Kustini.

Bupati Kustini menyampaikan dukungan terhadap Forkom Gabungan BP4 Wilayah VI. Agenda tersebut dinilai menjadi wadah komunikasi antar petani agar senantiasa dinamis, kreatif dan mampu mengikuti perkembangan zaman. Hal ini juga mengingat sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan daerah di Sleman.

“Peranan sektor pertanian bukan saja memberikan andil terhadap ketahanan pangan tetapi juga memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangan perekonomian,” jelas Bupati.

Untuk memaksimalkan hasil, Kustini mengarahkan agar petani dapat terbuka untuk melakukan kolaborasi dan koordinasi, termasuk dengan pemerintah. Selain itu, ia juga mendorong petani agar meningkatkan pengetahuan dengan melakukan pelatihan yang tepat sasaran dengan harapan petani dapat memahami manfaat teknologi pertanian yang ramah lingkungan.

“Saya berharap ke depan petani dapat terus berinovasi mengembangkan budidaya pertanian guna meningkatkan kesejahteraan keluarga. Untuk itu, melalui Forkom dan Pertemuan kelompok tani diharapkan dapat dimanfaatkan menjadi ajang untuk saling bertukar informasi dan inovasi sehingga dapat meningkatkan produktivitas usaha pertanian yang berdampak pada meningkatnya penghasilan petani,” tukas Kustini. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.