Berita Nasional Terpercaya

Mulai Juni 2024, Sebagian Kawasan di Gardu Pandang Kaliurang Ditutup

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Sebagian kawasan Gardu Pandang Kaliurang yang berlokasi di sisi bagian barat akan ditutup. Nantinya, selama sekitar 4 bulan ke depan, pada kawasan tersebut akan dibangun wahana baru, berupa Plaza Pengunjung Gardu Pandang Kaliurang.

Nantinya, Plaza Pengunjung tersebut akan dibangun dengan memiliki sejumlah ruang publik terbuka. Terbagi atas 4 zona yang nantinya akan menjadi daya tarik tambahan di Kawasan Gardu Pandang Kaliurang.

Baca Juga Festival Lereng Merapi Tanamkan Pendidikan Karakter

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid berharap Plaza Pengunjung Gardu Pandang Kaliurang akan menjadi salah satu pilihan favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Kaliurang. Selain itu, dampaknya bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Pembangunan Plaza Pengunjung yang berasal dari program Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar 2,5 milyar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun ini membutuhkan waktu selama 120 hari,” tuturnya didampingi, Kamis (13/6).

Ia pun menyampaikan selama pengerjaan Plaza Pengunjung, tidak akan menutup kawasan gardu pandang tersebut secara total karena dinilai masih cukup luas sehingga masih memungkinkan untuk dikunjungi, khususnya di kawasan sisi selatan yang juga berupa taman-taman dengan pemandangan yang cukup bagus. Untuk itu, ia meminta maaf kepada para wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Gardu Pandang Kaliurang karena akan merasa terganggu dan kurang nyamanja sebagian kawasan di sisi utara yang selama ini untuk penyelenggaraan even dan pentas-pentas seni untuk sementara waktu ditutup. Oleh karenanya atas ketidaknyamanan yang timbul akibat proses pengerjaan Plaza Pengunjung tersebut termasuk adanya lalu lalang kendaraan proyek, pihaknya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat umum,” katanya.

Ishadi mengatakan saat ini, pihaknya telah mengadakan kegiatan sosialisasi Plaza Pengunjung Gardu Pandang Kaliurang dengan melibatkan Tim Perencana, Pelaksana dan Pengawas, Pemerintah Kalurahan Hargobinangun, SAR Kaliurang, Pospol Kaliurang. Dukuh Kaliurang Timur, Dukuh Kaliurang Barat, Dukuh Ngipiksari, tokoh-tokoh masyarakat dan perwakilan pedagang di kawasan Gardu Pandang Kaliurang.”Saya berharap seusai pengerjaan Plaza Pengunjung tersebut sekitar bulan Oktober 2024 mendatang kawasan Gardu Pandang Kaliurang sudah dapat dibuka kembali secara penuh untuk dikunjungi wisatawan,” katanya.

“Diharapkan dengan adanya penambahan fasilitas Plaza Pengunjung tersebut akan membuatnya lebih ramai dan lebih banyak lagi pengunjung atau wisatawan yang berdatangan, dikarenakan akan lebih banyak lagi alternatif sarana publik yang bisa dinikmati oleh wisatawan,” tutupnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.