Berita Nasional Terpercaya

Festival Langen Carita Dukung Pelestarian Budaya Lokal

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Lestarikan kesenian lokal, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kebudayaan menyelenggarakan Festival Langen Carita. Acara yang dilaksanakan di Lapangan Pemda Sleman itu, dibuka oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, Sabtu pagi (15/6).

Danang Maharsa menyambut baik penyelenggaraan Festival Langen Carita ini. Ia menilai kegiatan ini menjadi salah satu media untuk mengembangkan dan menanamkan budi pekerti luhur pada generasi muda.

Lanjut tambahnya, acara yang melibatkan perwakilan kelompok seni dari 17 Kapanewon di Kabupaten Sleman ini juga menjadi langkah positif untuk menanamkan pengetahuan tentang kebudayaan melalui pengenalan lagu-lagu tembang dolanan anak.

“Festival Langen Carita ini menjadi ajang yang strategis untuk menggali, membina dan mengembangkan kesenian budaya,” ujar Danang.

Menurut Danang, kegiatan seni dan budaya perlu dipublikasikan secara masif, termasuk melalui media sosial. Cara ini dapat menjadi upaya untuk memperkenalkan seni kebudayaan lokal kepada masyarakat luas dan meningkatkan minat generasi muda. Untuk itu, ia memberikan dukungan penuh untuk pelaksanaan Festival Kebudayaan sebagai bentuk pelestarian warisan adiluhung.

“Penyelenggaraan festival dan kompetisi ini dapat menumbuhkan kemauan dan kemampuan para pelaku seni. Saya harap penyelenggaraan festival ini juga dapat menumbuhkan bibit-bibit muda yang akan melanjutkan upaya pelestarian budaya asli Sleman,” kata Danang.

Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, Edy Winarya menerangkan Festival Langen Carita Tahun 2024 mengangkat tema “PANJI”. Karakter yang menjadi lakon panutan generasi muda ini menanamkan karakter budi luhur, welas asih, sopan santun, dan toleransi. Diharapkan festival ini dapat sekaligus menanamkan nilai seni budaya kepada anak serta menjadi media ekspresi untuk pembentukan karakter anak.

“Melalui Festival Langen Carita ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan karakter anak-anak, juga menjadi upaya regenerasi pelaku seni budaya di Kabupaten Sleman,” kata Edy.

Edy menambahkan, Festival Langen Carita dilaksanakan selama dua hari, pada 15 dan 16 Juni 2024 di Lapangan Pemda Sleman. Nantinya, penyaji terbaik pertama akan mewakili Sleman dalam Festival Kebudayaan antar Kabupaten/Kota Se-DIY. Masyarakat dapat menyaksikan Festival Langen Carita secara langsung mulai pukul 09.00 pagi, atau melalui streaming kanal youtube Kundha Kabudayan Sleman. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.