Berita Nasional Terpercaya

KAI Commuter Layani 11.850 Pengguna Commuter Line Wilayah Yogyakarta di Iduladha 2024

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Update volume pengguna Commuter Line Yogyakarta-Palur pada libur peringatan hari Raya Iduladha Senin, (17/6/2024) hingga pukul 18.00 WIB, sebanyak 10.559 orang. Dimana stasiun Tugu Yogyakarta merupakan stasiun keberangkatan dan kedatangan dengan volume pengguna terbanyak yaitu 3.016 orang dan 3.242 orang.

Sementara itu stasiun Solo Balapan dan Stasiun Lempuyangan merupakan stasiun keberangkatan terbanyak berikutnya, dengan masing-masing volume sebanyak1.427 orang dan 1.143 orang. Sedangkan stasiun kedatangan juga tercatat di stasiun solo balapan dan stasiun lempuyangan dengan masing-masing mencatat sebanyak 1.805 orang dan 1.095 orang.

Anne Purba selaku Corporate Secretary KAI Commuter menjelaskan, untuk volume pengguna Commuter Line Prameks hingga pukul 18.00 wib tercatat sebanyak 1.291 orang. Stasiun Kutoarjo merupakan stasiun keberangkatan terbanyak dengan total pengguna sebanyak 557 orang.

“Dan Stasiun Yogyakarta merupakan stasiun tujuan terbanyak dengan volume sebanyak 728 orang yang turun di stasiun tersebut,” ujarnya, Selasa (18/6/2024).

Baca juga: Begini Aturan Berbuka Puasa Di Perjalanan Commuterline

KAI Commuter mencatat selama libur panjang Idul Adha ini mulai Sabtu-Minggu, (15-16/6), total Volume pengguna Commuter Line Yogyakarta-Palur sebanyak 45.330 orang dengan volume tertinggi pada Sabtu, (15/6) yaitu sebanyak 25.195 orang. Sedangkan total volume pengguna Commuter Line Prameks sebanyak 6.164 orang dengan volume tertinggi pada Minggu, (16/6) kemarin yaitu sebanyak 3.352 orang.

Angka tersebut lebih besar 9% pada volume Commuter Line Yogyakarta-Palur jika dibanding dengan rata-rata volume pada hari libur minggu kemarin yaitu sebanyak 22.897 orang, dan lebih besar 36% pada volume Commuter Line Prameks jika dibanding pada libur akhir minggu kemarin.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Penumpang Libur Panjang Waisak, KAI Commuter Kembali Tambah 6 Perjalanan Yogyakarta-Palur

Sebagai antisipasi tren kenaikan pengguna Commuter Line di wilayah Yogyakarta tersebut, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta mengoperasikan 8 perjalanan Commuter Line tambahan yang terdiri dari 6 perjalanan tambahan untuk Commuter Line Yogya-Palur dan 2 perjalanan tambahan Comuter Line Prameks mulai libur Iduladha Sabtu kemarin hingga selasa, (18/6) hari ini.

Dengan penambahan operasional layanan ini diharapkan pengguna yang akan menggunakan commuterline dapat lebih nyaman. Untuk transaksi pembayaran tiket dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Uang Elektronik Bank, atau QR Code Gotransit by Gojek. Sementara untuk pembelian tiket Commuter Line Prameks dapat dipesan melalui -Access By KAI mulai H-7 dari tanggal keberangkatan ataupun dengan menggunakan KMT dan Kartu Uang Elektronik Bank sesuai dengan kuota yang tersedia.

“KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna mematuhi peraturan yang berlaku, menjaga dan mengawasi anak-anak selama menggunakan Commuter Line. KAI Commuter juga mengajak pengguna untuk menyiapkan perjalanan dengan cermat, menjaga barang bawaan, dan mengikuti arahan petugas,” imbuh Anne. (den)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.