Berita Nasional Terpercaya

Pengukuhan BPD Pusparekraf Kabupaten Sleman, Begini Pesan Bupati

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menghadiri acara pengukuhan dan deklarasi Badan Pengurus Daerah Perkumpulan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (BPD Pusparekraf) Kabupaten Sleman, Kamis (27/6/2024) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman.

Dalam sambutannya, Kustini mengucapkan selamat kepada BPD Pusparekraf yang telah dikukuhkan.

Ia berharap para pengurus BPD Pusparekraf dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sleman dalam upaya memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman.

Baca Juga : Muscab Hasilkan Kepengurusan PHRI Sleman Periode 2023-2028

“Terlebih saat ini sektor pariwisata masih menjadi andalan bagi DIY dan Kabupaten Sleman. Pada tahun 2023 yang lalu, total pergerakan wisatawan di Kabupaten Sleman adalah sebanyak 8 juta orang, yang didominasi oleh kunjungan wisatawan Nusantara,” ujarnya.

Kustini menyampaikan, Pemkab Sleman terus berupaya menjalankan peran dalam menumbuh kembangkan ekonomi kreatif.

Hal tersebut diwujudkan dengan adanya kebijakan yang mendukung berkembangnya ekosistem ekonomi kreatif dengan penyediaan infrastruktur penunjang, terutama untuk subsektor film, animasi dan video dengan membangun Sleman Creative Space menuju Sleman Creatif Park.

“Atas kesungguhan Pemkab Sleman dalam mengembangkan ekonomi kreatif pada tahun 2023, Pemkab Sleman meraih penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan ditetapkannya Kabupaten Sleman sebagai Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2023, atas kontribusi dalam menumbuhkembangkan ekonomi kreatif unggulan subsektor Film, Animasi dan Video,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua BPD Pusparekraf Kabupaten Sleman, Agung Tris Sasongko mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas peran Pemkab Sleman dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten.

Baca Juga : Pengurus IMA Chapter Sleman Resmi Dilantik Hari Ini

Ia juga menyebutkan, BPD Pusparekraf Kabupaten Sleman merupakan BPD Pusparekraf pertama di Indonesia untuk tingkat kabupaten/kota.

“Pusparekraf saat ini sudah ada di 15 Provinsi diantaranya ada di Sumatera Utara, Aceh, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan DIY. Dalam wilayah Kabupaten baru ada Pusparekraf Kabupaten Sleman yang pertama di Indonesia,” terang Agung.

Ia juga berharap BPD Pusparekraf Kabupaten Sleman selanjutnya dapat bersenergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sleman untuk bersama-sama memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.