Berita Nasional Terpercaya

10 Tahun New Colombo Plan Dirayakan di Jogja

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Tahun 2024 adalah genap 10 tahun program New Colombo Plan yang mendukung mahasiswa Australia untuk belajar dan magang di kawasan Indo-Pasifik, termasuk Indonesia, serta membangun pengetahuan dan pemahaman lintas budaya di kawasan.

Merayakan momen spesial ini, Kedutaan Besar Australia di Indonesia menyelenggarakan Resepsi Perayaan 10 Tahun New Colombo Plan (NCP) di Yogyakarta bersama mahasiswa Australia dari Monash University, rekan universitas dan mitra-mitra lainnya Sabtu malam, 29 Juni 2024 di Yogyakarta.

Baca juga: Hubungan 70 Tahun Indonesia-Australia

Sejak didirikan pada tahun 2014, New Colombo Plan telah memberikan kesempatan bagi mahasiswa Australia untuk melakukan studi di luar negeri dan program magang, membangun hubungan dan jaringan di kawasan.

Indonesia terus menjadi salah satu tujuan paling populer bagi para mahasiswa NCP, dengan lebih dari 12.000 mahasiswa yang telah belajar dan magang di seluruh nusantara.

“Hubungan antar masyarakat merupakan inti dari hubungan Australia-Indonesia. Selama sepuluh tahun, Indonesia telah menjadi pilihan utama bagi para mahasiswa New Colombo Plan Australia. Mereka datang ke sini untuk belajar atau mendapatkan pengalaman kerja dan pulang dengan persahabatan yang mendalam serta pemahaman baru mengenai salah satu tetangga terdekat kami,” ujar Amanda Panayotou, Second Secretary Public Diplomacy, Australian Embassy Jakarta.

Baca juga: Etos ID Dan Kedutaan Besar Australia Apresiasi 2 Penerima Manfaatnya Dalam Graduation Day Beasiswa TESPro

Simone Waugh, mahasiswi jurusan bahasa Indonesia dari Universitas Sydney mengaku senang bisa belajar di Yogyakarta. Sebab tak hanya belajar bahasa, ia juga mempelajari isu-isu kemanusiaan juga.

“Yogyakarta tempat yang sangat bagus untuk itu,” ujarnya.

Program NCP telah memberikan lebih dari 75.000 beasiswa dan bantuan mobilitas kepada mahasiswa sarjana Australia di seluruh kawasan. Program ini bertujuan untuk menjadi transformasi, memperdalam hubungan Australia, baik di tingkat individu maupun melalui perluasan hubungan universitas, bisnis, dan kelembagaan. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.