Berita Nasional Terpercaya

Jamnas FEVCI 2024 Ikut Promosikan Pariwisata dan UMKM Yogyakarta

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Ratusan pecinta mobil Ford Everest dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) Ford Everest Club Indonesia (FEvCI) ke VI tahun 2024 di Yogyakarta. Selain sebagai ajang silaturahmi, Jamnas FEvCI bertujuan untuk menggeliatkan pariwisata dan ekonomi industri kreatif. Nantinya dalam berkegiatan, para anggota FEvCI akan menjadi pelopor event kendaraan dengan mengedepankan tertib dalam berlalu-lintas.

Ketua Umum FEvCI, Uut Kwartono menyampaikan visi yang diusung dalam Jamnas keenam akan lebih menekankan dalam sisi keragaman budaya di Indonesia. Salah satunya memilih Candi Prambanan yang menjadi salah satu tempat berkumpulnya para anggota. Mengangkat tajuk ‘Beda Masa Sama Rasa Tetap Istimewa’ Jamnas FEvCI VI ini dipusatkan di Kabupaten Sleman.

Uut mengatakan Yogyakarta dipilih karena memiliki kearifan lokal dan budaya yang menarik. Hal itu terbukti dengan jumlah peserta yang hadir pada Jamnas keenam FEvCI, dengan 350 peserta dari seluruh Indonesia. “Target awal yang hanya 200 dan ini diikuti sampai 350 member dengan kurang lebih 1.200 jiwa yang hadir dari 19 provinsi di indonesia. Itu salah satunya kenapa dipilih di Yogyakarta,” tuturnya di sela kegiatan Jamnas FEvCI VI di Rich Hotel Yogyakarta, Minggu (30/6).

Jamnas FEvCI VI yang digelar sejak Sabtu (29/6/2024) – Senin (1/7/2024) juga mengunjungi berbagai tempat seperti Desa Wisata Pentingsari, Kapanewon Cangkringan dan Desa Wisata Gamplong, Kapanewon Moyudan Kabupaten Sleman.

“Visi yang dibawa memperkenalkan budaya, khususnya kepada member kami yang ada di Indonesia, kami juga mengangkat UMKM. Besok di Prambanan juga ada sekitar 30 booth UMKM Sleman di Prambanan,” ucap Uut.

Meski ratusan mobil Ford Everest yang hadir dari berbagai Provinsi, tapi Uut menekankan pentingnya mematuhi aturan lalu lintas. A​gar keselamatan dalam berlalulintas tetap terjaga dan meminimalisir mengganggu pengguna jalan lain. “Alhamdulillah kami menjadi salah satu komunitas yang tertib di Indonesia jadi no strobo, no pengawalan, dan no bahu jalan,” ujar Uut.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyambut baik hadirnya komunitas pecinta Ford Everest di wilayahnya. Menurut Kustini, kolaborasi yang hadir baik dari pemerintah dan komunitas ini juga diharapkan semakin menggeliatkan perekonomian masyarakat. Termasuk mengangkat potensi-potensi lokal dan keunikan-keunikan desa wisata yang ada di wilayah Kabupaten Sleman.

“Ini kita kolaborasi untuk mendukung pariwisata, utamanya desa-desa wisata dengan mengangkat potensi lokal di masing-masing daerah. Sehingga ini semakin meningkatkan perekonomian di Sleman baik perhotelan di Sleman, pelaku UMKM, dan menambah pendapatan asli daerah di kabupaten Sleman,” kata Kustini.

Kustini berharap dengan hadirnya seribu lebih orang yang turut serta dalam Jamnas FEvCI VI di Kabupaten Sleman ini, masyarakat dapat menunjukkan keramahtamahan atau hospitality yang menjadi ciri khas Yogyakarta sebagai kota wisata dan kota budaya, sehingga memberikan kesan untuk nantinya dibawa anggota FEvCI ketika kembali ke daerah asalnya.

“Harapannya kesan baik akan dibawa seluruh member sehingga dibawa kembali ke daerah asalnya dan kembali lagi dengan lebih banyak jumlah wisatawan yang akan datang. Sehingga semakin memberikan dampak yang luas bagi industri pariwisata khususnya di Kabupaten Sleman, dan ekonomi masyarakat terutama UMKM dapat semakin menggeliat,” ujar Kustini. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.