Berita Nasional Terpercaya

Rakerda GIPI DIY: Susun Program Bersama Majukan Pariwisata DIY

0

SLEMAN, BERNAS.ID – DPD GIPI DIY menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) pertama periode 2024-2029, pada Selasa (2/7/2024) di AMPTA Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh para pengurus dan anggota GIPI DIY.

Ketua DPD GIPI DIY, Bobby Ardiyanto Setyo Aji menyampaikan, dalam Rakerda kali ini akan disusun program bersama dalam satu tahun kedepan.

“Kami juga akan membahas apa yang menjadi tantangan di dunia pariwisata kita, baik sekarang maupun yang akan datang,” ujar Bobby.

Baca Juga : Dorong Perubahan, AHLI Usulkan RUU Kepariwisataan

Karena menurutnya, waktunya tidak banyak, hanya satu tahun, dan harus ada perubahan yang signifikan, baik produk dan pelayanan pariwisata di DIY.

“Ya jadi kan tahun depan Tol sudah nyambung, kita nggak akan bisa berbicara banyak kalau tidak ada perubahan,” terangnya.

Bobby juga menjelaskan bahwa saat ini permasalahan produk menjadi salah satu yang krusial dalam dunia pariwisata di DIY.

“Karena market memberikan sign ke kita, mulai dari ATF 2023, Lebaran 2023, Lebaran 2024, itu adalah sign yang market berikan. Trennya selalu menurun,” jelasnya.

Dari situ Bobby menganggap bahwa produk pariwisata di DIY perlu perubahan, karena sudah tidak begitu diminati.

“Itu yang menjadi satu catatan bersama kita, baik buat teman-teman industri, pemerintah, dan tentunya saat kita berbicara produk, tidak lepas dari juga yang namanya pelayanan,” katanya.

Karena menurutnya, pelayanan ini didalamnya ada masyarakat Yogyakarta yang akan menjadi tuan rumah yang baik.

“Terkait dengan pelayanan, disamping teman-teman industri (Pariwisata), masyarakat sendiri juga menjadi bagian tuan rumah Jogja, yang harapannya bisa menjadi tuan rumah yang bertanggungjawab,” katanya.

Pihaknya menilai masih diperlukan edukasi bagaimana cara masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik. “Itu yang masih urgent ya,” pungkasnya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.