Berita Nasional Terpercaya

Tangkal Peretasan, Ini Yang Dilakukan Pemkot Jogja

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Merespons kasus peretasan terhadap Pusat Data Nasional Sementara (PDNS), Pemerintah Kota Yogyakarta menyampaikan imbauan terkait pencegahan dan mitigasi malware pada layanan publik. Pemkot Jogja juga sudah melakukan beberapa hal demi memperkuat keamanan di dunia maya.

Joko Marwiyanto selaku Kabid Sistem Informasi dan Statistik Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kota Jogja menjelaskan, keamanan sistem kini menjadi hal yang sensitif. Data merupakan aset bagi Pemerintah, perusahaan, maupun diri kita sendiri, karena itu perlindungan data harus menjadi prioritas.

“Kami sudah melakukan penguatan jaringan,” ujar dia, Rabu 3 Juli 2024, merespons kasus peretasan PDNS.

Ia menjelaskan, peretasan yang paling banyak terjadi dilakukan lewat teknik phising, di mana peretas mengirimkan pesan melalui email, WA, atau SMS, supaya korban meng-klik situs tertentu yang meminta kita memasukkan data-data personal. Yang kedua adalah melalui malware yang seringkali secara tidak sadar tertanam di sistem.

“Malware yang paling banyak adalah spyware, bisa merekam aktivitas penggunanya di dalam perangkat digital,” imbuh dia.

Baca juga: Delapan Pegawai Nonaktif KPK Diduga Mengalami Peretasan

Perlindungan data digital di lingkup Pemerintah Kota Yogyakarta menurutnya dilakukan melalui sistem JSS (Jogja Smart Service), yang dibuat bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Pihaknya juga melakukan back-up data dan mengoptimalkan penyandian dalam penyimpanan data.

“Kami melakukan enkripsi data, sehingga kalau diambil pihak yang tidak bertanggung jawab tidak serta merta bisa dibaca,” ujarnya.

Baca juga: 3 Cara Lindungi Dompet Crypto Anda Dari Peretasan

Kepada masyarakat, ia mengimbau untuk rajin melakukan pembaruan sistem dan perangkat lunak. Selain itu juga melakukan pemasangan antivirus maupun antimalware, baik di PC maupun tablet/HP.

“Kata sandi (password) harus dibuat seunik mungkin dan harus diganti secara berkala,” pesan dia.

Back-up data menurut dia juga penting dilakukan. Selain itu ia mengimbau warga untuk sebaiknya tidak menyimpan kata sandi di browser.

“Soalnya kalau kena Malware kena semua itu,” imbuh dia. (den)

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.