Berita Nasional Terpercaya

Indonesia WISE Ajak Pelaku Wisata di DIY Wujudkan Wisata Berkelanjutan

0

BANTUL, BERNAS.ID – PT Indonesia WISE (Winning Innovation Sustainability Excellence) menggelar Workshop Pengembangan Kapasitas untuk Pariwisata Berkelanjutan bersama Multi Pemangku Kepentingan di kantor Dinas Pariwisata DIY, Kamis 4 Juli 2024.

Acara dilakukan untuk mengajak para penyedia layanan pariwisata di DIY supaya bisa mewujudkan pariwisata yang sustainable atau berkelanjutan.

Amol Titus selaku President Director PT Indonesia WISE menjelaskan, dalam sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan ada 4 pilar.

Nomor 1 lingkungan, yakni pentingnya lingkungan wisata yang hijau dan bersih. Nomor 2 budaya, termasuk kuliner, tarian, musik, sastra, dan sebagainya. Nomor 3 adalah komunitas turisme.

“Nomor 4 adalah ekonomi inklusif artinya kalau wisatawan datang tahun kemarin 7 juta wisman datang ke Jogja tapi dampak untuk ekonomi harus trickeldown ke masyarakat bukan hanya untuk hotel-hotel atau restoran yang mewah atau mall juga untuk koperasi juga untuk desa juga untuk UMKM,” kata dia.

Baca juga: Komoditi Bambu Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi Jika Diolah

Ia ingin, dari acara ini nanti, akhirnya muncul perubahan perilaku bagi wisatawan. Mereka diharapkan tidak lagi membuang sampah plastik, dan bisa melakukan penghematan air bersih.

“Harus berubah pola pikirnya,” tegasnya.

Baca juga: Kolaborasi Hijau Nutrimart Dan Avoskin: Sustainable Beauty Dimulai Dari Kita

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, materi yang disampaikan dalam acara ini
selaras dengan masalah yang dialami. Ia mengaku, kini ada 3 hal terkait turisme yang diterapkan di Yogyakarta yakni quality tourism (berkualitas), inclusive tourism (untuk semua), dan sustainable tourism (berkelanjutan).

“Pariwisata berkelanjutan tidak hanya memikirkan alam dan lingkungan tetapi juga sosial budaya masyarakat,” kata dia. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.