Berita Nasional Terpercaya

Pemkab Sleman Menimba Ilmu tentang UMKM dan Pariwisata Berkelanjutan

0

BANYUWANGI, BERNAS.ID- Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman bersama wartawan melakukan studi banding ke Banyuwangi, Jawa Timur, 2-4 Juli 2024 untuk mempelajari berbagai inovasi dan strategi Pemkab Banyuwangi untuk mengembangkan sektor UMKM dan pariwisata berkelanjutan.

Rombongan dari Pamkab Sleman dipimpin oleh Asisten Bidang Administrasi Umum (Assek III), Eka Suryo Prihantoro, S.Si, M.Kom disambut hangat oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Banyuwangi, Ir. H. Mujiono, Msi., di Gedung OPD Pemkab Banyuwangi.

Turut dalam kunjungan Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Assek II), R. Haris Martapa, S.E, M.T, Kepala Dinas Pariwisata Ishadi Zayid, S.H, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, serta Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Drs. Rasyid Ratnadi Sosiawan, M.Si.

Pada kesempatan studi banding di Banyuwangi juga terjadi pertemuan dan diskusi hangat antara Bupati Banyuwangi Hj. Ipuk Fiestiandani dan Bupati Sleman Hj. Kustini Sri Purnomo. Keduanya berbagi pengalaman sebagai pemimpin perempuan, Bupati Banyuwangi mempunyai program unggulan “bunga desa” bupati ngantor di desa.

Ipuk, Bupati Banyuwangi menerangkan Program Bunga Desa bertujuan untuk jempu bola masalah di desa-desa sehingga bisa memberikan solusi langsung pada rakyat Banyuwangi. Program tersebut juga menyasar perubahan mindset ASN untuk siap melayani rakyat, dan memberikan solusi atas masalah yang dialaminya.

Bupati Banyuwangi pun mengapresiasi Kustini, Bupati Sleman yang yang selalu melakukan pelibatan peran media dalam mengawal pembangunan daerah sleman,  hal ini bagus untuk di tiru di Banyuwangi jelasnya

Dalam studi banding ini Pemkab Sleman ingin mempelajari bagaimana Pemkab Banyuwangi berhasil mengembangkan sektor UMKM, termasuk program “Warung Naik Kelas” dan “Home Stay Binaan Hotel” yang menjadi penunjang pariwisata di Banyuwangi.

Dalam diskusi dan tanya jawab, Pemkab Sleman tertarik juga dengan konsep pengelolaan birokrasi berakhlak dan berdampak yang diterapkan di Banyuwangi dan ingin mempelajari bagaimana hal tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dan akuntabilitas pemerintahan.

Di sisi lain, Dinas Pariwisata Banyuwangi mengusung pemikiran  baru yang inspiratif: “Setiap Tempat adalah Destinasi, dan Setiap Kegiatan adalah Atraksi.” Konsep tersebut mencerminkan fokus untuk mengembangkan potensi wisata di seluruh wilayah Banyuwangi, tidak hanya terpaku pada destinasi wisata utama yang sudah terkenal, tetapi memajukan pariwisata secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Sedangkan, tujuan dari mengembangkan atraksi wisata di setiap tempat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal melalui peluang ekonomi baru yang tercipta dari sektor pariwisata dengan menjaga kelestarian budaya dan alam Banyuwangi. Harapannya, tercipta wisata bertanggung jawab dan ramah lingkungan, menyediakan beragam pilihan wisata yang menarik bagi wisatawan sehingga Banyuwangi menjadi destinasi wisata yang lebih atraktif.

Cara Pemkab Banyuwangi dalam melaksanakan perinsip pengembangan pembangunan ekonomi UMKM, Pariwisata Berkelanjutan, yaitu meningkatkan  aksesibilitas ke berbagai destinasi wisata dan sentra UMKM di Banyuwangi melalui pembangunan infrastruktur jalan, transportasi, dan hub yang lainnya untuk mendukung destinasi pariwisata yang sudah ada, menyediakan fasilitas penunjang yang lengkap dan berkualitas, seperti hotel, kuliner, dan sarana lainnya, dengan tetap mengedepankan kearifan lokal.

Sebagai syarat perizinan semua bangunan hotel atau home stay harus mengadopsi lokalitas budaya setempat, bangunan gedung yang “Mengadopsi Rumah Osing” atau bentuk  lain yang relevan dengan budaya Banyuwangi  “Syarat Keafifan Lokal”. Hal ini dapat juga dijadikan vestifal arsitektur bangunan hotel yang lebih adaptif dan kontekstual.

Menjadikan kegiatan masyarakat atau komunitas menjadi Atraksi wisata yang unik dan asli dengan difasilitasi oleh Pemkab banyuwangi menjadi strategi yang patut ditiru daerah lain karena menyejahterakan masyarakat. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.