Berita Nasional Terpercaya

Kendaraan Hemat Energi UGM Kembali Raih Medali Ganda di Shell Eco-marathon Asia dan Timur Tengah 2024

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Tim Semar UGM kembali meraih kesuksesan besar di ajang bergengsi Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2024. Diselenggarakan dari tanggal 2 hingga 6 Juli 2024, tim Universitas Gadjah Mada memenangkan dua gelar juara.

Shell Eco-marathon adalah kompetisi global untuk kendaraan hemat energi yang dirancang oleh mahasiswa untuk mempromosikan solusi transportasi berkelanjutan. Tahun 2024, ada lebih dari
75 tim dari 14 negara, termasuk Indonesia, Singapura, Korea, India, China, Malaysia, dan Qatar. Para peserta berkompetisi di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika di NTB guna meningkatkan intensitas dan euforia kompetisi ini.

Dalam kategori Prototype Battery Electric, tim Semar UGM menunjukkan keahlian mereka dengan efisiensi mengesankan sebesar 903 km/kWh dan sukses mengamankan posisi kedua. Semar UGM juga berpartisipasi dalam kategori Urban Concept Hydrogen Fuel Cell sebagai
satu-satunya perwakilan dari Indonesia. Mereka mencapai skor efisiensi sebesar 178 km/m³ dan berhasil meraih posisi pertama dengan mengalahkan berbagai tim dari universitas ternama di Asia seperti KUST dari Korea Selatan, LH-EV dari Vietnam, dan UiTM dari Malaysia.

Selain itu, Semar UGM juga meraih juara pertama pada penghargaan off-track untuk sistem data dan telemetri dengan berhasil meraih juara ketiga di kejuaraan regional. Prestasi ini bukanlah akhir dari perjalanan Semar, melainkan awal yang baru untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi, terutama tahun depan, Semar berencana untuk mengikuti Shell Eco-marathon Asia Pasifik dan Timur Tengah di Qatar.

“Anda harus mengandalkan rekan tim Anda untuk menang,” ungkap Arkan Febian, Manajer Urban Hydroz 1.1.

Ia pun menyampaikan kepuasannya terhadap kinerja luar biasa timnya. Menurutnya, kemenangan ini menjadi puncak dari kerja keras dan persiapan teliti tim Semar UGM selama lebih dari satu tahun. “Keberhasilan tim juga didorong oleh kerjasama tim yang solid dan komitmen
kuat untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Kolaborasi antar anggota tim, didukung oleh Universitas Gadjah Mada, sponsor seperti Bronkhorst dan 18 mitra lainnya, sangat penting bagi pencapaian,” katanya.

Fikri Wahyudi, Ketua Tim Semar UGM/berharap kemenangan ini menginspirasi mahasiswa untuk berinovasi dalam teknologi ramah lingkungan.

“Anda tidak perlu khawatir, masa sulit akan berlalu, yang perlu Anda lakukan adalah bekerja sebaik mungkin untuk fokus pada tim Anda,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.