Berita Nasional Terpercaya

Tour De Merapi 2024 Promosikan Destinasi Wisata Sleman yang Belum Terekspos

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman kembali menggelar agenda tur sepeda motor Tour De Merapi (TDM) di tahun 2024 dengan tajuk “Dolan Sleman Marai Tuman”. TDM yang ke-20 ini akan mengitari destinasi wisata seperti desa wisata yang mempunyai keanekaragaman satwa yang khas.

TDM 2024 akan dilaksanakan pada hari Minggu 21 Juli 2024. Untuk pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 5 Juni 2024 dan akan berakhir pada 18 Juli 2024.

“Kita mempromosikan dan menginformasikan kepada masyarakat tentang wisata edukasi, alam, dan budaya Sleman yang belum terekpos, padahal memiliki banyak keunggulan. Event ini juga bertujuan agar terjadi sebaran wisatawan di beberapa objek wisata Sleman secara merata,” tutur Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid saat konferensi pers di Kantor Dinas Pariwisata, Rabu (10/7).

Zayid juga mengatakan TDM 2024 akan mengajak peserta berinteraksi langsung dengan masyarakat melalui sejumlah hiburan seperti tarian tradisional dan menikmati makanan khas sehingga pengunjung mendapat kepuasan. “Peserta yang berasal dari wilayah Sleman dan luar Sleman akan berkeliling desa wisata secara bergembira. Mengendarai kendaraan secara santai menikmati lingkungan,” katanya.

“Untuk start, berangkat dari Lapangan Pemda Sleman. Para peserta akan dilepas secara bergelombang dengan jeda 5 menit agar memperkecil konvoi di jalanan agar tidak mengganggu. Finish di Tlogo Putri untuk menikmati kesejukan Kaliurang,” imbuhnya.

Lanjut tambahnya, para peserta wajib melewati 5 titik pos untuk mengisi kuis dan mendapatkan cap dari pos sebagai syarat mendapatkan doorprise hadiah utama. Saat ini, telah terdaftar sekitar 376 peserta dan diprediksi akan mencapai 500 peserta pada penutupan pendaftaran. Selain memiliki SIM C dan pajak hidup, motor peserta wajib dalam keadaan standard.

“Dolan Sleman Marai Tuman artinya orang yang datang ke Sleman itu sekali datang besok ingin datang lagi, karena tidak cukup sehari mengunjungi Sleman. Bahkan yang dikunjungi selalu menimbulkan kesan ngangeni sehingga orang datang dan datang lagi,” ucap Yazid.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Sleman Kus Endarto mengatakan nantinya para peserta akan mendapatkan dua kupon doorprise dan dua kupon makan. Untuk hadiah utama, 2 sepeda motor Honda Beat. Selain itu, ada sepeda gunung, LED TV, Laptop, dan peralatan dapur, dan masih banyak lagi hadiah yang menarik.

“Semoga Tour de Merapi akan semakin membangkitkan sektor pariwisata Sleman dengan mempromosikan berbagai destinasi wisata sebagai pilihan alternatif saat berkunjung Sleman,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.