Berita Nasional Terpercaya

Bermula dari Penulis Blog, Kini Aku Terkenal di Seantero Nusantara

0

Kamu pasti tau kan acara Stand up Comedy?
Seneng gak nontonnya? 
Kalo kamu suka menonton acara ini, berarti kamu kenal dengan sesosok yang sangat familiar ini. Siapa dia? 

Awalnya dari dunia blogging yang hobinya hanya menulis sesutu hal yang ada di pikirannya lalu memposting hasil tulisannya ke blog, siapa yang mengira,Raditya Dika yang dikenal sebagai penulis ini kini sudah familiar dan populer di dunia entertainment. Sebagai penulis, Radit tentunya tak menyangka perjalanannya bisa sejauh ini. Tak banyak penulis yang  kemudian bisa merambah dunia entertainment dan sukses juga di dalamnya. Penulis bernama lengkap Raditya Dika Angkasa Putra Moerwani ini lahir di Jakarta, 28 Desember 1984 . Radit salah satu diantara orang yang mampu melakukannya. Dunia Entertainment yang terkenal dengan persaingan yang keras dan ketat ternyata tak membuat nama Radit melempem. Dengan berbagai inovasi yang dimiliki nama Raditya Dika justru melambung tinggi. Lalu seperti apakah perjalanan Raditya Dika menuju Dunia Entertainment saat ini? Berikut ulasannya.

Baca juga: Inilah 6 Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) yang Efektif

Seperti disinggung diatas, Radit mulai menjadi pernulis dari dunia blog. Blog yang awalnya bernama kambingjantan.com ini kini sudah diganti dengan menggunakan namanya sendiri yaitu www.radityadika.com. Lewat media blog inilah Radit aktif menulis dan kemudian mengantarkannya ke dunia entertainment. Apa tujuannya membuat blog ketika itu?

Blog yang berisi kehidupannya sehari-hari ini awalnya ia buat hanya untuk mengisi waktu luang sebagai diary digital. Namun tak disangka dari tulisan awalnya yang berjudul Kambing Jantan ini, ia berhasil memenangkan penghargaan di Indonesian Blog Award dan penghargaan dari Indosat sebagai The Online Inspiring di tahun 2009. Dari dua penghargaan inilah Radit semakin termotivasi untuk terus menulis dan juga menerbitkan buku atau novel dari tulisan-tulisan yang sudah ditulisnya di blog. Hebat ya?

Lalu apakah perjalanan kisahnya semulus itu?

Perjalanan untuk menerbitkan novel tak semudah yang dibayangkan. Beberapa penerbit yang ditargetnya, menolak untuk menerbitkan novelnya. Sampai pada akhirnya penerbit gagasmedia menerima naskahnya, meski Radit diharuskan untuk presentasi terlebih dahulu. Setelah diterbitkan, novelnya yang berjudul Kambing Jantan ini juga tak lantas laris diburu pembeli. Beberapa bulan sejak peluncurannya, novel Kambing Jantan ini malah tak terlalu laku di pasaran.

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap

Lalu apa yang coba dilakukan radit?

Radit tak berdiam diri, ia kemudian berjuang keras agar novelnya diminati. Maka ia melakukan berbagai strategi pemasaran, seperti promosi dari mulut ke mulut, mempromosikannya di blog hingga meminta pembacanya untuk berfoto dengan novelnya untuk dikirim ke blognya. Walhasil, penjualan novel Kambing Jantan miliknya meningkat pesat.

Dari novel Kambing Jantan, Raditya Dika lalu melanjutkannya pada novel Cinta Brontosaurus, Radikus Makankaus: Bukan Binatang Biasa, Babi Ngesot: Datang Tak Diundang – Pulang Tak Berkutang, Marmut Merah Jambu dan Manusia Setengah Salmon. Selain novel, Radith bersama Adriano Rudiman juga menerbitkan komik seperti Kambing Jantan, Kambing Jantan 2 dan Koala Kumal.

Setelah novel dan komik, perjalanan karir Raditya Dika berlanjut pada dunia hiburan. Novel pertama yang diterbitkan yaitu Kambing Jantan pada tahun 2009 ditampilkan dalam film layar lebar.  Bahkan dalam film tersebut, Raditya Dika terpilih menjdai aktor dan pemeran utamanya. Dari film inilah Radit mulai dikenal sebagai seorang entertainer. Setelah berperan menjadi Dika dalam Kambing jantan The Movie ini, karirnya di dunia hiburan kemudian berlanjut pada film-film layar lebar lain, sinetron dan acara TV.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku 2021

Beberapa film layar lebar lain selain Kambing Jantan yang diperankan Radit adalah Cinta Brontosaurus, Cinta Dalam Kardus, Manusia Setengah Salmon, Marmut Merah Jambu dan Malam Minggu Miko The Movie.

Tak sampai disitu, dunia hiburan yang juga melambungkan nama Raditya Dika adalah dunia Stand Up Comedy. Radit memang sangat mumpuni dalam lawakan komedi tunggal ini. Dengan banyaknya materi dan ide yang dimiliki dan keahliannya berakting di depan layar kaca, Radith menjadi sangat sempurna untuk menjadi comic (sebutan komedian stand up). Bahkan dalam beberapa sumber, Raditya Dika dianggap sebagai salah satu dari tujuh tokoh pendongkrak dunia Stand Up Comedy di Indonesia.
Ilmu stand up sendiri didapat Radith saat kuliah di Australia saat mengikuti kursus singkat Stand Up. Dengan akun YouTube-nya yang telah mencapai lebih dari 1juta lebih subscriber ini, penampilan Stand Up Radit menjadi cepat populer. Kini beberapa comic malah banyak yang meniru gaya Stand Up Radit hingga kemudian menimbulkan aliran Stand Up sendiri yaitu Raditisme.

Baca juga: Mengenal Teks Berita, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Penulisannya

Luar biasa bukan? Setelah membaca artikel ini, apa ingin anda lakukan? (dari berbagai sumber)
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.