Berita Nasional Terpercaya

Hidup Hemat itu Mudah!

0

Harianbernas.com – Salah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan ialah hidup hemat. Apalagi jika Anda sering tergoda dengan berbagai jajanan yang ditemui di jalan. Jika sudah disinggung masalah tabungan, Anda akan mengeluarkan jurus 1001 alasan. Terkadang, Anda menggunakan alasan yang tidak masuk akal sekalipun.
Berikut ini adalah tips hemat yang cukup sederhana.

1. Makan sebelum keluar rumah
Usahakan ketika Anda pergi keluar, perut sudah dalam keadaan terisi. Sehingga, ketika Anda jalan-jalan, Anda tidak perlu membeli makanan karena kelaparan. Selain itu, hindari tempat yang memiliki banyak toko makanan. Walaupun anda kenyang, jika bertemu dengan makanan enak, perut Anda seolah-olah kembali kosong.

2. Jangan membawa uang berlebih

Ketika Anda pergi keluar dengan teman-teman, sebisa mungkin bawalah uang sesedikit mungkin. Hal ini guna mengurangi pengeluaran. Apalagi jika Anda tinggal di kota yang besar. Walaupun sudah membawa uang yang sedikit, ada baiknya jika Anda tidak melupakan kartu ATM. Ketika uang Anda habis, dan membutuhkan sesuatu, Anda bisa mengambil uang di ATM. Namun, jangan sampai, anda menggunakan uang yang ada di ATM untuk hal yang berlebihan.

3. Rajin membaca buku di perpustakaan

Bagi mereka yang hobi membaca, tentu akan memiliki anggaran tersendiri tiap bulan. Jika Anda tidak membaca, rasanya ada yang kurang dari dalam diri Anda. Bahkan, beberapa dari Anda akan merasa kurang bahagia. Namun, ada cara agar Anda tetap bisa membaca dan hidup hemat. Jawabannya adalah pergi ke perpustakaan. Disana, Anda bisa membaca buku dengan gratis. Selain itu, anda juga bisa membaca buku kapan pun Anda mau. Dan lagi, buku yang ada di perpustakaan sudah cukup lengkap.

4. Menjadi seorang vegetarian

Dari pada makan ayam, lebih baik makan sayuran yang harganya jauh lebih murah. Hanya dengan lima ribu rupiah, Anda sudah bisa makan sayur dua kali. Namun, untuk ayam, hanya mendapatkan satu potong kecil saja. Menjadi seorang yang vegetarian, mampu mengurangi pengeluaran Anda dalam satu hari. Anda juga bisa menjauhkan diri dari kolesterol jahat.

5. Membawa bekal atau pergi ke warteg/angkringan

Beberapa dari anda mungkin tidak mendapat jatah makan siang. Jika seperti ini, sebaiknya Anda membawa bekal dari rumah. Atau, jika malam menyiapkannya, anda bisa pergi ke warteg atau angkringan. Disana harga makanan lebih terjangkau dibandingkan beli di rumah makan besar.

6. Memberi jatah untuk hangout

Sebagai manusia, anda tentu membutuhkan sebuah kegiatan untuk menjadi hiburan semata. Anda tidak mau dianggap sebagai seseorang yang anti sosial. Jangan lupa, anda memiliki misi untuk hidup hemat, sehingga perlu dibuat beberapa batasan tertentu. Misalnya, pergi nonton sebulan sekali, sesekali bekerja saat akhir pekan, dan lain sebagainya. Diri anda bisa terhibur, uang tabungan juga selalu mengalir.

Leave A Reply

Your email address will not be published.